sinopsis hikayat bunga kemuning

sinopsis hikayat bunga kemuning

jawaban

Sinopsis adalah ringkasan cerita yang berisi cuplikan seluruh adegan sehingga membentuk tema cerita.

Pembahasan

Sinopsis cerita rakyat Hikayat Bunga Kemuning.

HIKAYAT BUNGA KEMUNING

Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang putri yang cantik-cantik. Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu sehingga kesepuluh putrinya diasuh oleh para inang. Karena sang raja terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, ia tidak mampu untuk mendidik anak-anaknya sehingga kesepuluh putrinya menjadi anak-anak yang nakal dan manja.

Kesepuluh putri itu dinamai dengan nama-nama warna. Putri Sulung bernama Putri Jambon, Putri Jingga, Putri Nila,

Putri Hijau, Putri Kelabu, Putri Oranye, Putri Merah Merona, dan Putri Kuning. Mereka selalu mengenakan baju yang sesuai dengan nama mereka.

Pada suatu hari, sang raja akan hendak pergi jauh. Ia mengumpulkan para putri dan menanyakan oleh-oleh apa yang diminta. Kesembilan putrinya meminta hadiah yang mahal, tetapi Putri Kuning hanya meminta agar sang raja pulang dengan selamat.

Ketika sang raja pergi, kesembilan putrinya merusak taman kesukaan sang raja. Putri Kuning sangat sedih dan berusaha membersihkannya meski para inang melarangnya. Ketika sang raja tiba di istana, kesembilan putrinya masih bermain di danau, ia melihat Putri Kuning merangkai bunga di taman. Sang raja memberikan Putri Kuning hadiah kalung berbatu hijau. Sang raja tidak menemukan batu kuning di berbagai negeri.

Baca juga  Berikut ini yang termasuk laporan kunjungan adalah?

Ketika Putri Hijau melihat kalung Putri Kuning, ia merasa kalung itu adalah miliknya. Ia menghasut putri-putri yang lain untuk memberi pelajaran kepada Putri Kuning. Kakak-kakaknya menangkapnya dan memukul kepalanya. Tak disangka, pukulan tersebut menyebabkan Putri Kuning meninggal.