bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah

bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah

jawab

Sebelum kita masuk ke perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah, kita lihat dahulu pengertiannya masing-masing.
– Pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang(umum) dan tidak mendapatkan tanggapan langsung dari pendengar.
– Khotbah merupakan bentuk komunikasi berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara yang berkaitan dengan agama/kerohanian, dengan tanpa adanya interaksi secara langsung antara sang pembicara dengan sang pendengar.
– Ceramah merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memberi nasehat ataupun petunjuk kepada para pendengar tentang dan terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dan sang pendengar.

Nah, berikut ini perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
– Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
– Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
– Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.

Baca juga  syirkah amal disebut juga

Tujuan pidato, khotbah, dan ceramah adalah sama, kurang lebih seperti di bawah ini:
a. Informatif / instruktif
Untuk memberikan informasi kepada sang pendengar tentang suatu hal.
b. Persuasif
Untuk mengajak sang pendengar agar mengikuti apa yang telah di sampaikan oleh sang pembicara.
c. Argumentatif
Untuk meyakinkan pendengar tentang suatu hal.d. DeskriptifUntuk melukiskan/ menggambarkan suatu keadaan.
e. Rekreatif
Untuk menggembirakan / menghibur pendengar.
f. Naratif
Untuk menceritakan sesuatu kepada sang pendengar.