siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut

siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut

jawaban

Jawaban Biografi B.J. Habibie yaitu

1. Siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?

Tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut adalah  Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, atau yang dikenal sebagai B.J. Habibie, Presiden ketiga Republik Indonesia.

Jawaban dari soal ini terdapat pada paragraf pertama yang berupa orientasi, yang berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang memuat informasi yang berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.

2. Permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?

Permasalahan yang dihadapi tokoh tersebut adalah ayahnya meninggal ketika Habibie berumur 14 tahun sehingga ibunya harus membanting tulang membiayai anak-anaknya.

3. Bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan?

Cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan adalah dengan belajar dengan sungguh-sungguh dan bertekad menjadi orang sukses.

4. Hal apakah yang menarik dari tokoh tersebut?

Hal yang menarik dari tokoh tersebut adalah karakter yang dimiliki oleh tokoh,  yaitu memiliki sifat tegas, memegang prinsip, dan tidak mudah menyerah.

5. Hal apakah yang dapat diteladani dari tokoh tersebut?

Baca juga  seseorang membutuhkan kemahiran berfikir logis agar menghasilkan

Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah semangatnya dalam berusaha mencapai cita-citanya.

6. Mengapa teks tersebut disebut biografi?

Teks tersebut disebut biografi karena menyajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, hingga kisah sukses tokoh yang sedang diulas.

7. Dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya (cerpen dan cerita rakyat)?

Dilihat dari isinya, yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya adalah tokoh yang diulas. Tokoh pada teks biografi adalah tokoh yang mempunyai kepribadian unggul dan dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan

Teks biografi termasuk ke dalam teks narasi, yang berarti memiliki struktur yang sama dengan teks cerpen dan teks cerita rakyat. Yang membedakan adalah teks biografi menceritakan pengalaman hidup seorang tokoh yang memiliki keperibadian unggul dan dapat dijadikan teladan bagi pembacanya.