tuliskan 2 unsur untuk memahami gambar bercerita

tuliskan 2 unsur untuk memahami gambar bercerita

jawaban

menelitinya dan membacanya dengan seriuos

atau

Gambar cerita, merupakan gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa. Gambar yang disajikan dapat berupa cerita yang digambar pada media kering maupun basah. Penggunaan media yang berbeda, akan memerlukan teknik menggambar yang bebeda juga.

Unsur pembangun cerita bergambar antara lain: tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya cerita, dan gambar.

1. membaca dulu seluruh cerita.

2. kemudian berusaha memahami nya secara perlahan dan teliti

semoga bermanfaat….

terima kasih….

 

“Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah gambar cerita!”

Gambar ilustrasi atau gambar cerita merupakan gambar yang dapat menjelaskan suatu objek secara visual sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Gambar ini dibuat berdasarkan teknik goresan dan sapuan warna terlihat dalam wujudu bentuk dua dimensi atau wujud tiga dimensi. Contohnya adalah ilustrasi pop up di buku cerita anak-anak. Jenis-jenis gambar cerita atau gambar ilustrasi antara lain ilustrasi karya ilmu pengetahuan, ilustrasi naratif, ilustrasi editorial, ilustrasi kartun.

Objek ilustrasi yang digambarkan dapat berupa objek manusia, objek hewan, objek tumbuhan, ataupun objek di alam. Langkah – langkah dalam menggambar ilustrasi atau cerita antara lain membuat gagasan kemudian menggambar sketsa gambar, langkah selanjutnya pewarnaan pada sketsa gambar, dan tahap akhir adalah penyelesaian akhir proses penggambaran. Adapun gaya – gaya di dalam menggambar cerita antara lain gaya representatif, gaya dekoratif, dan gaya karikatural. Alat dan bahan yang umumnya digunakan dalam menggambar cerita atau ilustrasi adalah kertas atau permukaan datar lainnya, pensil warna serta cat warna untuk proses pewarnaan, dan pensil untuk membuat sketsa.

Baca juga  Tetangga anda sakit dan tidak bisa mengantar anaknya berangkat ke sekolah. Maka yang anda lakukan adalah?

Unsur – unsur dalam sebuah gambar cerita antara lain tema cerita, tokoh, latar waktu, latar tempat, latar suasana, alur maju, alur mundur, alur maju-mundur, sudut pandang, karakteristik, pesan atau amanat. Unsur dalam gambar cerita ini dapat mendukung pemahaman isi cerita kepada pembaca yang disajikan pada bentuk gambar, simbol, dan tulisan.