gambarkan bagan perbedaan peredaran darah besar dan peredaran darah kecil

gambarkan bagan perbedaan peredaran darah besar dan peredaran darah kecil

jawaban

Sistem peredaran darah atau sistem sirkulasi darah merupakan sistem yang mengatur transportasi darah diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup manusia. Sistem peredaran darah memiliki peranan untuk mensuplai oksigen dan sari makanan dari sistem pencernaan ke seluruh jaringan tubuh, membawa gas karbondioksida ke paru-paru, menjaga suhu tubuh, mengembalikan sisa metabolisme ke ginjal untuk disekresikan, serta mendistribusikan hormon-hormon untuk mengatur fungsi sel-sel tubuh. Berbagai macam organ dan jaringan tubuh yang berperan dalam sistem peredaran darah, yaitu:

  • Darah : alat transportasi utama untuk mengangkut oksigen dan karbondioksida ke jaringan dan paru-paru.
  • Pembuluh darah : berperan untuk tempat untuk menyalurkan darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
  • Jantung : organ yang sangat penting bagi manusia. Jantung berperan untuk memompa darah melalui pembuluh darah dan menuju ke seluruh tubuh. Jantung berbentuk rongga-rongga yang dilengkapi oleh otot yang bergerak secara tidak sadar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka manfaat menjaga kesehatan sistem peredaran darah adalah untuk menghindari tubuh dari penyakit berbahaya yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari serta menjaga fungsi kerja organ tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Hal ini dikarekan, ketika sistem peredaran darah tidak berjalan dengan baik, akan menimbulkan berbagai penyakit fatal. Contohnya adalah jantung koroner, serangan jantung, anemia, hipertensi, dan hipotensi. Ketika penyakit tersebut sudah fatal, maka dampaknya bukan hanya kesehatan yang menurun, melainkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya olahraga, merokok, konsumsi makanan yang tidak sehat, minum minuman berakohol, dan sebagainya.

Baca juga  bahan pembuatan benang adalah
gambarkan bagan perbedaan peredaran darah besar dan peredaran darah kecil
sumber=https://brainly.co.id/tugas/34907916