Tuliskan lima bahaya merokok bagi kesehatan pernapasan manusia

Tuliskan lima bahaya merokok bagi kesehatan pernapasan manusia

jawaban

5 bahaya merokok:

 

1. Kanker paru-paru

2. Kerusakan jantung

3. Stroke

4. Impotensi

5. Kerusakan gigi

 

Pembahasan:

 

Merokok adalah kebiasaan banyak orang Indonesia, namun kebiasaan ini sangat berbahaya, baik bagi perokok sendiri maupun bagi orang disekitar perokok.

 

Merokok menyebabkan kanker paru-paru dengan merusak sel-sel yang melapisi bagian dalam paru-paru. Ketika menghirup asap rokok, asap ini penuh dengan zat penyebab kanker (karsinogen), yang menyebabkan kerusakan pada jaringan paru-paru. Zat karsinogen ini misalnya adalah tar. Merokok menyebabkan 84% kematian akibat kanker paru-paru.

 

Merokok meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Merokok juga merusak lapisan arteri pembuluh darah. Nikotin yang merupakan senyawa aktif dalam rokok menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

 

Pada gilirannya, ini akan meningkatkan kerja jantung dan kebutuhan oksigen, serta penyempitan arteri koroner, yang akan merusak aliran darah dan suplai oksigen ke jantung. Sehingga rokok dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

 

Kerusakan pembuluh darah akibat merokok tidak hanya menyebabkan kerusakan jantung, tapi juga impotensi. Hal ini karena pembuluh darah di organ kelami rusak sehingga tidak bisa berfungsi normal.

 

Baca juga  Akibat yang ditimbukan oleh adanya pencemaran udara adalah...

Selain gangguan kesehatan di atas, rokok juga merusak gigi dan gusi. Merokok menyebabkan penumpukan plak pada gigi, yang terkait dengan pembentukan karang gigi, yang dapat menyebabkan radang gusi.

 

Mengingat banyaknya bahaya rokok, maka alangkah baiknya bila kita menjauhi kebiasaan buruk ini.