Berita Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini sedang menggesa dokumen legalitas lahan yang berada di Pasar Cik Puan. Mereka terus menggesanya usai Pemerintah Provinsi Riau resmi menyerahkan aset dari Pasar Cik Puan langsung kepada Pemerintah Kota Pekanbaru mulai dari April 2021 silam.

“Kita sekarang sedang dalam proses di BPN guna penerbitan sertifikat, setelah sertifikat itu terbit, maka kita akan segera persiapan untuk melanjutkan dalam pembangunannya,” terang langsung Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, pada Senin (10/1).

Proses dari setelah penyerahannya aset Pasar Cik Puan ini sudah berlangsung. Namun saat ini pemerintah kota hanya dapat mengurus dokumen sebagai legalitas dari lahan tersebut.

“Legal dalam administrasi pemerintah sudah, gubernur juga sudah menyerahkan kepada Walikota. Tapi secara hukum pertanahan masih belum ada, maka akan kita proses dokumennya ini,” ujarnya.

Firdaus juga menyebut bahwa pemerintah kota saat ini sedang berupaya agar pembangunan dari Pasar Cik Puan akan sgera berlanjut pada tahun 2022 ini. Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah kota sudah menyambut baik dalam penyerahan aset dari Pemerintah Provinsi Riau.

Ada sejumlah opsi yang akan dilakukan dalam melanjutkan proses pembangunan pada pasar ini. Satu opsi yakni akan dibangun oleh investor atau swasta dalam melanjutkan pengembangan pasar yang berada di Jalan Tuanku Tambusai tersebut.

Baca juga: Resmi Menjadi Kapolda Riau, Irjen M. Iqbal Peluk Ibunya Dengan Penuh Haru

Pemerintah kota beberapa waktu lalu juga sudah mengkaji formulasi sehingga pasar itu bisa dikelola langsung oleh pihak ketiga. Satu dari keuntungan dikelola oleh swasta yakni tidak akan membebani keuangan daerah.

Dirinya juga mengaku bahwa nantinya pemerintah kota, akan mempertimbangkan pihak swasta demi kelanjutan pembangunan pasar saat ini. Bangunan pasar ini juga sudah lama terbengkalai dikarenakan berbagai kendala.

“Apalagi dalam proses pembangunan pasar itu sekarang masih berlanjut. Kita akan berencana diperluas lagi dari bangunan pasar yang ada sekarang ini,” paparnya.

Firdaus juga meyakinkan bahwa dalam proses pembangunan pasar ini akan segera berlanjut. Ia juga menyadari kondisi fisik dari pasar itu masih terbengkalai hingga sekarang.

Simak juga berita lainnya, seputar topik artikel daerah Pekanbaru Riau di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here