bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?

2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dahulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini?
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulan mu dengan teman sebangku mu! ​

jawaban

1. Ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut akan berubah karena es batu akan berubah wujud menjadi cair.

2. Es batu yang akan mencair terlebih dahulu adalah es yang terpapar sinar matahari.

3. Matahari memancarkan energi panas pada es batu. Energi panas yang diserap es batu ini menyebabkan suhu es batu naik dan mencair dengan cepat dibandingkan dengan es batu yang dibiarkan di suhu lingkungan.

4. Panas dapat menyebabkan wujud benda berubah. Panas matahari dan suhu lingkungan dapat menyebabkan es batu berubah wujud menjadi cair. Proses ini disebut mencair, yaitu perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair.

Simak penjelasan berikut.

 

Pembahasan

Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, gas. Benda dapat mengalami perubahan wujud dari satu wujud ke wujud lainnya. Perubahan ini merupakan perubahan fisika karena tidak menghasilkan zat baru dan dapat kembali ke bentuk semula. Perubahan ini terjadi akibat panas yang diterima atau dikeluarkan benda. Pemanasan dan pendinginan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan wujud.

Berikut jenis-jenis perubahan wujud benda.

Baca juga  manakah diantara gas berikut ini yang diperlukan dalam proses pembakaran

1. Mencair

Mencari adalah proses perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair karena adanya kenaikan suhu. Energi panas yang mengenai benda menyebabkan suhu benda naik. Contoh: es meleleh saat dibiarkan di tempat terbuka.

2. Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud dari zat cair menjadi zat padat karena adanya penurunan suhu. Energi panas yang dikeluarkan benda (pendinginan) menyebabkan suhu benda menurun. Contoh: setelah dipanaskan, agar-agar yang dibiarkan di suhu lingkungan lama-lama membeku.

3. Menguap

Membeku adalah proses perubahan wujud dari zat cair menjadi zat gas. Energi panas mengenai benda bahkan hingga titik didihnya menyebabkan benda berubah wujud menjadi gas. Contoh: air yang direbus lama-kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas.

4. Mengembun

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. Gas dapat berubah menjadi cair ketika suhunya menurun hingga titik embun. Contoh: gelas yang diberi es akan basah di bagian luarnya.

5. Menyublim

Menyublim adalah proses perubahan wujud dari zat padat menjadi zat gas atau sebaliknya. Perubahan wujud ini disebabkan oleh peningkatan suhu. Contoh: kapur barus dibiarkan di suhu lingkungan akan habis karena berubah menjadi gas.