sebutkan tanggung jawab kalian sebagai pelajar dalam mewujudkan tujuan negara

sebutkan tanggung jawab kalian sebagai pelajar dalam mewujudkan tujuan negara

jawab

Bahwa tujuan Negara RI tercantum dalam aliena keempat pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Mewujudkan tujuan Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan seluruh warga Negara Indonesia.sebagai warna Negara Indonesia, anda dapat berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan Negara dengan berbagai bentuk. Berikut beberapa contoh partisipasi warga Negara dalam mewujudkan tujuan Negara republic Inodonesia.

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Bentuk pasrtisipasi warga Negara dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia antara lainmenaati perarturan yang berlaku serta menghormati hak, kewajiban, dan perbedaan yang ada antarwarga Negara Indonesia agar tercipta persatuan dan kesatuan.

2. Memajukan kesejahteraan umum. Warga Negara, anda dapaat ikut serta dalam memajukan kesejahteraan umum dengan berbagai cara antara lain dengan ikut serat menjadi anggota koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM), ikut dalam program transmigrasi yang diadakan pemerintah, serta memanfaatkan system jaminan social secara bertanggung jawab.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dapat mengikuti program pertukaran pelajar dengan Negara lain yang deprogram kan dari pemerintah, ikut serta dalam program Kementrian Pendidikan yaitu SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), serta mengikuti program wajib belajar dua belas tahun yang dicanangkan pemerintah.

Baca juga  Gambar tersebut menunjukkan jaminan konstitusi dalam bidang?

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi, dan keadilan social. Dalam mewujudkan ketertiban dunia, upaya yang dapat anda lakukan yaitu ikut memberikan bantuan kemanusiaan bagi warga Negara di daerah konflik dan mendukung pemerintah dalam melakukan hubungan diplomatic dengan Negara lain.