pidato pentingnya membaca

Buatlah teks pidato secara singkat yang bertema tentang “Pentingnya membaca”

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan orang banyak.

 

Pembahasan

Di bawah ini merupaka contoh teks pidato dengan tema “Pentingnya membaca” yang disampakan pada perayaan hari buku sedunia tanggal 23 April.

 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu!

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua!

Yang saya hormati, bapak kepala sekolah SMA Negeri 3 Merauke.

Yang saya hormati, bapak/ibu guru SMA Negeri 3 Merauke.

Anak-anakku sekalaian yang saya kasihi dan saya banggakan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt, karena limpahan rahmatnyalah, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk dapat berbicara di tempat ini. Kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan tema pentingnya membaca.

Hari ini adalah hari buku sedunia. Seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia. Dimana dengan membaca kita dapat mengetahui dunia luar sekalipun kita belum pernah melihat atau berkunjung sebelumnya. Membaca juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan kinerja otak dan mengasah daya ingat kita.

Baca juga  yang bukan merupakan etika komunikasi daring adalah

Banyak buku bacaan yang dapat kita dapatkan di perpustakaan sekolah ataupun perpustakaan daerah. Untuk meminjamnya pun tidak dipungut biaya. Sebenarnya membaca itu mudah, yang sulit itu menghilangkan rasa malas kita. Membaca itu menyenangkan karena kita dapat berimajinasi tentang apa yang sedang kita baca. Contohnya, kita membaca buku tentang indahnya negeri sakura/Jepang. Walaupun kita belum pernah ke sana, kita sudah bisa membayangkan bagaimana keindahannya.

Karena itu, saya ingin menghimbau anak-anakku sekalian untuk terus rajin membaca. Membaca tidak akan merugikan kalian. Isilah hari-hari kalian dengan bacaan-bacaan yang bermanfaat. Kelak, kalian sendiri yang akan merasakan manfaat dari berwawasan luas.

Demikian sepatah dua kata yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang tidak saya sengaja. Akhir kata wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu dan selamat pagi.