contoh perkenalan diri dalam bahasa indonesia

contoh perkenalan diri dalam bahasa indonesia

jawaban

Perkenalan diri dalam KBBI adalah memberitahukan kepada orang lain mengenai diri agar orang lain mengenal, mengetahui, dan mengerti identitas diri kita atau segala sesuatu tentang siapa kita. Unsur yang biasanya disampaikan dalam perkenalan diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal kelahiran, alamat rumah, hobbi,  cita-cita, lulusan sekolah hingga aktivitas atau hal-hal favorit kita. Biasanya perkenalan diri dilakukan saat kita baru pertama kali bertemu dengan seseorang, wawancara pekerjaan atau beasiswa, hingga saat mengikuti perlombaan.

 

Pembahasan:

Contoh perkenalan diri menggunakan bahasa Indonesia sebagai berikut ini:

Situasi perkenalan saat wawancara beasiswa

Selamat pagi Bapak dan Ibu, terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Nama saya Aisyah Fitria. Saya berasal dari Solo dan usia saya 22 tahun. Saya baru saja menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Negeri “A” dengan mengambil bidang Komunikasi Sosial. Saat ini saya menetap di Bandung dan sedang aktif ikut serta dalam program sosial pemberdayaan wanita di lingkungan tempat tinggal yang bekerja sama dengan Universitas saya dahulu dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini. Saya memiliki cita-cita untuk memberdayakan wanita dan lansia dan membangun kemampuan komunikasi sosial untuk itu saya tertarik mendaftar beasiswa ini karena saya merasa perlu banyak belajar membangun sistem komunikasi sosial  terintegrasi agar dapat dikembangkan untuk mewujudkan cita-cita saya.

Baca juga  Topik pertentangan antara Gol Muda dan Gol Tua?

 

Situasi perkenalan dengan teman-teman di kelas

Selamat pagi Ibu guru dan teman-teman. Perkenalkan nama saya Bayu Adisana. Saya berasal dari Bandung tetapi saat ini sudah bertempat tinggal di Tangerang. Saya berusia 15 tahun dan lahir pada tanggal 17 Agustus seperti hari kemerdekaan Indonesia. Saya berasal dari SMP Kota Makmur di Bandung. Saya memillki hobi bermain basket dan alat musik. Cita-cita saya adalah ingin menjadi musisi yang berbakat. Oleh karena itu saya rutin mengambil kursus piano dan biola. Saya juga senang bersosialisasi dan mencari teman baru. Seperti saat ini, saya senang bisa bertemu Ibu Guru dan teman-teman semua. Semoga saya bisa menjadi anggota kelas yang baik. Terima kasih.