kumpulan kalimat utama dari setiap paragraf disebut

kumpulan kalimat utama dari setiap paragraf disebut

jawaban

Kumpulan dari kalimat utama disebut ide pokok/gagasan utama.

Pembahasan

Gagasan utama adalah pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan dan menjadi dasar dari pengembangan sebuah paragraf.

Gagasan utama yang terletak di awal kalimat disebut deduktif, sedangkan yang terletak di akhir kalimat disebut induktif dan yang terletak di awal serta di akhir kalimat disebut deduktif-induktif. Gagasan utama yang terletak di tengah paragraf merupakan jenis paragraf deskripsi.

Ciri-ciri gagasan utama yaitu :

  1. Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
  2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  4. Dibentuk tanpa kata sambung.
  5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini : sebagai kesimpulan, yang penting, oleh karena itu, jadi, oleh sebab itu, dengan demikian.

Contoh paragraf :

Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya asem ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Baca juga  Untuk dapat menghasilkan gagasan yang kreatif seseorang harus memiliki pemikiran terbuka dan bersedia menerima hal yang baru?

Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama, yakni “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”. Ide pokok sama dengan kalimat utama sehingga ide pokoknya adalah “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.