tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi

tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi

jawaban

Tiga kalimat kesimpulan bacaan Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia adalah

  1. Keindahan dan keanekaragaman motif batik meningkatkan pemesanan produk batik di pasar dunia.
  2. Batik semakin dikenal dan diminati berkat pameran seni tradisional dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Proses pembuatan, kerumitan, dan kekayaan motif serta makna yang terkandung dalam Batik Indonesia merupakan daya tarik batik yang membuatnya diminati oleh warga dunia.

 

Pembahasan

Kesimpulan adalah pendapat atau kalimat akhir dari tulisan kita yang merupakan gabungan atau inti dari gagasan-gagasan yang telah diperkenalkan dan dibahas pada paragraf sebelumnya. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil atau inti dari pembahasaan isi tulisan kita.

 

Cara merangkai kesimpulan bacaan

Untuk merangkai gagasan hasil dari sebuah tulisan, tentunya ada langkah-langkah yang dapat kita jadikan pedoman. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Membaca Teks

Untuk menyimpulkan suatu bacaan, tentunya kita harus membaca teks aslinya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memahami isi bacaan, dari yang paling umum hingga yang paling khusus. Melalui membaca kita juga akan mengetahui maksud atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis karangan yang kita baca.

  • Menentukan Kalimat Utama
Baca juga  Tema karya tulis: Perlindungan terhadap perokok pasif. Latar Belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah?

Setelah membaca dan mengetahui isinya, kita dapat membaca ulang tulisan untuk menemukan kalimat utamanya. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat kalimat inti dari sebuah paragraf. Kalimat utama dapat berada di awal maupun di akhir paragraf. Dengan mengetahui letak kalimat utamanya, hal ini memudahkan kita untuk memetakan gagasan pokok dalam tulisan. Kalimat inilah yang menjadi dasar premis dari kalimat kesimpulan

  • Buatlah Kesimpulan

Setelah membaca dan menentukan kalimat utama, kamu bisa mulai merumuskan kalimat kesimpulan bacaanmu. Rangkailah kalimat utama yang sudah kamu catat hingga mengalir dan menjadi satu paragraf utuh. Kalimat kesimpulan dapat berupa analisis, pendapat atau komentar pribadimu terhadap teks bacaan, gagasan-gagasan inti dari isi bacaan maupun gabungan dari gagasan inti dalam teks bacaan.

Ciri kesimpulan dalam bacaan

  1. Terdapat pesan atau maksud yang disampaikan kepada pembaca.
  2. Bahasa yang digunakan baik dan benar sesuai dengan PUEBI.
  3. Penuangan kesimpulan diurutkan dari gagasan khusus ke umum.
  4. Kesimpulan dikemas dengan singkat, padat, tidak berbelit-belit, dan mudah dipahami.
  5. Kesimpulan adalah fakta dalam teks bacaan yang disampaikan dengan jelas.
  6. Rangkaian dari gagasan inti atau informasi penting dari kalimat penjelas.