Kegiatan Keluarga yang Menyenangkan untuk Anak Usia 6 Tahun

DANG MERDU – Anak Anda yang masih TK membutuhkan setidaknya 180 menit aktivitas fisik yang tersebar sepanjang hari, dan setengahnya harus dihabiskan di luar ruangan. Dorong anak untuk bergerak selama 10-15 menit setiap jam. Anak-anak cenderung memiliki rentang perhatian yang lebih pendek dan aktif dalam semangat berapi-api yang lebih pendek daripada orang dewasa.

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan anak Anda, tetapi juga dapat membangun kepercayaan diri dan meningkatkan koordinasi, yang semuanya penting untuk anak kecil. Olahraga harus menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak Anda, jadi tetaplah menyenangkan.

Aktivitas Menyenangkan untuk Anak

Berikut adalah beberapa ide aktivitas untuk membuat Anda dan si kecil bergerak:

Memasak sebagai koki kecil

Anak-anak tidak boleh bermain dengan pisau, tetapi ada banyak hal lain yang dapat membantu anak Anda di dapur. Berikut adalah daftar apa yang dapat dilakukan anak prasekolah Anda:

  • Penumpukan dan pencucian
  • Penuangan
  • Menghitung bumbu masakan
  • Mengaduk dan mencampur

Habiskan sore hari di rumah dengan memanggang beberapa makanan sehat jika hari sedang hujan dan cuaca tidak sempurna untuk hari yang cerah. Mencampur adonan atau mengocok telur adalah latihan lengan yang bagus.

Melompat-lompat, dan aktivitas indoor outdoor sederhana lainnya untuk anak

Anak-anak suka melompat, jadi mengapa tidak memberi mereka lompat tali dan mendorong mereka untuk melompat? Melompat adalah latihan yang bagus yang membuat jantung terpompa. Ini juga merupakan aktivitas yang sangat serbaguna yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan, dan sendirian atau bersama teman.

Baca Juga: Apakah Anda Tahu Semua yang Perlu Diketahui Tentang Lemak Perut Anda?

Bermain berpura-pura dan permainan dalam ruangan imajinatif lainnya untuk anak-anak

Anak-anak memiliki imajinasi yang sangat aktif, dan Anda tidak perlu pergi ke kebun binatang untuk melakukan aksi hewan. Buat anak Anda bergerak dengan berpura-pura bahwa mereka adalah binatang yang berbeda. Melompat seperti kanguru, meluncur di lantai seperti ular, mengepakkan tangan seperti burung, atau bersiap menerkam seperti harimau.

Tantang anak Anda untuk melihat berapa lama dia dapat menyeimbangkan buku atau beberapa kaus kaki yang digulung di kepalanya saat dia berjalan di sekitar rumah. Jika Anda memiliki ruangan, buatlah rintangan sederhana dan selesaikan dengan tantangan melempar di mana anak Anda harus melempar kaus kaki ke dalam keranjang atau kotak kosong.

Aktivitas Keluarga untuk Akhir Pekan

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membangun ikatan keluarga. Berikut adalah beberapa ide tentang ke mana harus pergi untuk akhir pekan yang menyenangkan dan aktif secara fisik. Jangan lupa untuk mengemas tabir surya dan botol air.

Tempat untuk dikunjungi bersama anak untuk menemukan warisan budaya

Indonesia adalah rumah bagi banyak budaya yang berbeda. Mengapa tidak menjelajahi sejarah budaya yang kaya sebagai sebuah keluarga dengan melakukan perjalanan ke berbagai museum atau kampung adat? Ada juga banyak tempat dengan warisan budaya yang dapat membuat anak Anda penasaran, di mana Anda mungkin juga akan dapat melihat pemandangan dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Indonesia.

Perkenalkan olahraga favorit Anda kepada anak

Anda adalah pengaruh terbesar dalam kehidupan anak Anda, jadi penting bagi ibu dan ayah untuk memberikan contoh yang baik dengan menjadi aktif juga. Jika Anda belum aktif akhir-akhir ini, inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan dan mulai aktif. Apa satu olahraga yang Anda nikmati saat kecil? Mengapa tidak memulainya lagi, dan memperkenalkan olahraga ini kepada si kecil?

Anak Anda mungkin menyukai atau mungkin juga tidak menyukai olahraga tersebut, tetapi jika dia melihat Ibu dan Ayah bersemangat tentang hal itu, ada kemungkinan besar dia akan mencari olahraga yang membawa banyak kegembiraan baginya di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here