makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi yang

makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi yang

jawaban

Pembahasan :

Makna dari Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah, bahwa sebuah ideologi tidak bersifat kaku, bersifat terbuka, serta fleksibel pada perkembangan zaman, sehingga mampu menjadikan pancasila sebagai pondasi dasar masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan di berbagai bidang.

Walaupun Pancasila bersifat terbuka, bukan berarti dalam setiap perkembangannya menyebabkan asas dasar Pancasila berubah. Inilah yang dimaksud Pancasila sebagai ideologi terbuka, dimana pancasila mampu mengayomi seluruh masyarakat dari waktu kewaktu tanpa mengalami perubahan isi pancasila sendiri.

Jawabannya adalah ideologi Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, dan perkembangan aspirasi masyarakat.

Ideologi terbuka adalah pandangan sebuah bangsa dengan nilai-nilai yang dapat mengikuti perkembangan zaman, sehingga Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki arti bahwa ideologi Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, dan perkembangan aspirasi masyarakat. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka juga memiliki arti bahwa ideologi negara ini tidak mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai dasar Pancasila adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Sehingga Pancasila dapat memecahkan masalah yang berkembang seiring dengan aspirasi masyarakat, teknologi, dan zaman.

Baca juga  Setiap warga negara pada dasarnya memiliki hak asasi yang merupakan?

Jadi, makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, dan perkembangan aspirasi masyarakat.