gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan

gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan

a. ruang, waktu, dan iringan
b. ruang, waktu, dan gerak
C. ruang, waktu, dan tenaga
d. ruang, gerak, dan tenaga​

jawab

Dalam menyajikan sebuah tari, ada unsur-unsur tertentu yang harus kita perhatikan. Gerak dalam tari dibuat dan diperagakan berdasarkan unsur-unsur berikut: C. Ruang, waktu, dan tenaga.

 

Pembahasan

Secara umum, berikut merupakan unsur yang dimiliki oleh sebuah seni tari, yakni:

  • Unsur gerak. Tari adalah jenis seni yang disajikan dengan menggunakan perpaduan beberapa jenis gerak anggota tubuh. Sehingga, unsur gerak merupakan unsur yang terpenting dalam seni tari.
  • Unsur tenaga. Tenaga adalah hal yang harus ada untuk memproduksi suatu gerak. Tanpa ada tenaga, maka gerak tidak akan terjadi. Dengan unsur tenaga, kita bisa membedakan karakter yang dimainkan dalam sebuah tari, mulai dari karakter tegas, lembut, hingga kasar.
  • Unsur waktu. Gerak yang dilakukan dalam tari tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu, kita mengenal istilah ritme atau irama gerak. Dengan ritme, gerakan tari yang dilakukan akan menjadi teratur dan memiliki variasi waktu. Ritme juga dapat menyebabkan tarian lebih hidup dan dinamis.
  • Unsur ruang. Unsur ini mencakup seluruh gerak yang disajikan penari melalui gerak tubuhnya, hingga posisi dan ruang gerak penari itu sendiri.
Baca juga  Tari kecak dilakukan secara?

Namun, dalam buku Kemendikbud yang berjudul Seni Budaya Kelas XII, disebutkan bahwa unsur utama dari tarian adalah unsur ruang, waktu, dan tenaga. Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah opsi C.