berikut ini yang tidak termasuk formasi permainan sepak bola yang sering digunakan adalah

berikut ini yang tidak termasuk formasi permainan sepak bola yang sering digunakan adalah

A 4-2-4
B 4-3-3
C 4-4-2
D 1-3-3-3
E 3-4-5​

jawaban

Dalam sepakbola modern, perkembangan taktik sepakbola terjadi cukup cepat. Hal itu berakibat pula pada formasi-formasi yang digunakan tim. Sejumlah formasi kian populer digunakan sedangkan sejumlah yang lain kian ditinggalkan. Dari pilihan diatas, yang tidak termasuk formasi yang sering digunakan saat ini adalah (A) 4-2-4.

 

Penjelasan:

Diantara sejumlah pilihan diatas formasi 4-2-4 tidak sering digunakan banyak tim saat ini karena beberapa hal

  • kurangnya pemain di lini tengah sehingga tim kurang bisa mempertahankan kontrol permainan
  • terlalu mengandalkan dua sayap dalam menyerang sehingga kurang variatif dan mudah diantisipasi lawan
  • penggunaan dua striker di depan dan dua winger kurang efektif apabila berhadapan dengan tim yang bermain pragmatis yang mengandalkan serangan balik.

Tim terakhir yang menggunakan formasi ini adalah Italia dibawah asuhan Gigi Ventura selama tahun 2016-2017 dimana skuad Gli Azzuri gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah ditaklukan Swedia di babak playoff.

Baca juga  Pukulan pertama untuk memulai permainan dalam permainan bola voli disebut?

Sementara pada opsi lainnya masih sering digunakan seperti 4-3-3 yang masih populer dikalangan tim-tim elit seperti Liverpool, Manchester City dan Real Madrid. Pola 4-4-2 lebih banyak digunakan tim-tim Inggris papan tengah dan tim yang mengandalkan permainan pragmatis seperti Southampton dan Atletico Madrid. Sedangkan formasi 1-3-3-3 memang tampak tidak dikenal namun pola ini sering dimodifikasi menjadi 3-4-3 atau 3-4-2-1 yang cukup sering muncul dalam sistem permainan Chelsea, RB Leipzig, Borussia Dortmund, Juventus, Arsenal serta Atalanta. Untuk opsi E (3-4-5) bukan merupakan formasi dalam sepakbola.