Dangmerdu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Bapak Raja Marzuki saat ini mendorong dua operator angkutan sampah agar lebih optimal. Kedua operator itu yakni PT. Godang Tua Jaya (GTJ) dan juga PT. Samhana Indah (SHI).

“Saat ini Kita masih dapat laporan langsung dari masyarakat, masih ada sampah yang belum terangkut di zona mereka masing-masing,” terangnya, pada Kamis (7/10).

Marzuki juga mengaku sudah berulang kali menyampaikan dan mendorong kedua operator angkutan sampah ini yakni SHI dan GTJ supaya bekerja secara optimal dan maksimal. Mereka harus menepati janji bekerja sesuai dengan perjanjian kontrak.

Dirinya juga menegaskan bahwa dalam tanggung jawab pengangkutan sampah sepenuhnya adalah pihak ketiga. Mereka itu harus mengangkutnya dari awal sumber sampah yakni dari pemukiman masyarakat.

Baca juga: Penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Langsung Didata Oleh BPJS Ketenagakerjaan

Persoalan dengan angkutan mandiri yang sudah beroperasi di wilayah lingkungan yang belum terkendali saat ini oleh PT. GTJ dan PT. SHI mestinya mereka pro aktif untuk optimalkan dalam sosialisasi dengan angkutan sampah mandiri yang ada.

“Operator angkutan sampah juga bisa melakukan sosialisasi bahwa, dalam tugas pengangkutan sampah itu adalah tugas dari mereka,” paparnya langsung.

Marzuki juga mengingatkan agar kedua operator ini bisa melihat kembali wilayah-wilayah kerjanya. Dan Kedua operator ini mesti menyediakan armada yang ada sesuai kebutuhan pengangkutan sampah.

Dirinya juga menjelaskan bahwa angkutan sampah mandiri juga bisa saja bekerja sama dengan mereka operator angkutan sampah yang ada saat ini. Mereka akan bisa menjadi sub kontraktor dalam pengangkutan sampah yang ada di wilayah pemukiman agar tumpukan sampah yang ada jadi terkendali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here