Tiba-Tiba Kaca Mobil Tidak Berfungsi. Ketahui Penyebabnya
Tiba-Tiba Kaca Mobil Tidak Berfungsi. Ketahui Penyebabnya

Terkadang, kaca mobil yang susah dibuka atau macet memang agak sedikit menjengkelkan, terlebih disaat hujan tiba dan kaca mobil tidak bisa ditutup (macet) sehingga membuat bagian kabin mobil menjadi basah karena air hujan, atau saat hendak membayar tol. Hal seperti ini akan terasa sangat merepotkan.

Salah satu penyebab kaca mobil susah dibuka atau macet bisa juga di sebabkan oleh rusaknya power window. Dimana power window merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menurunkan/menaikkan kaca mobil. Dengan fitur tersebut akan memudahkan kita saat akan menutup atau membuka kaca mobil.

Ada beberapa penyebab mengapa kaca mobil menjadi susah dibuka atau macet, seperti.

Rusaknya Power Window Kaca Mobil

Penyebab pertama dari macetnya kaca mobil dikarenakan rusaknya pada bagian power window. Power window adalah salah satu dari bagian perangkat elektronik yang berfungsi untuk menurun atau menaikkan kaca mobil secara otomatis. Jika terjadi masalah pada power window tersebut yang membuatnya tak menjalankan fungsinya dengan baik sehingga mengakibatkan macetnya kaca mobil.

Baca juga : Segera Ganti Filter Oli Mobil Anda, Atau Terima Resikonya

Hal yang menyebabkan rusaknya power window diantaranya adalah korsleting pada bagian sikring atau fuse, sikring atau fuse adalah alat elektronik yang memanfaatkan fungsi sikring apabila terjadi korsleting listrik yang sangat parah, apabila terjadi korslet pada sikring dapat dipastikan jika power window akan rusak sehingga membuatnya tak berfungsi lagi. Hal tersebut lah yang mengakibatkan kaca mobil menjadi macet.

Terjadi Korsleting Pada Power Window Kaca Mobil

Penyebab lain dari macetnya kaca mobil adalah terjadi korsleting pada power window yang disebabkan oleh terbakarnya saklar, bisa juga disebabkan dari plastik pada saklar aus sehingga fungsi dari power window menjadi tidak maksimal, hal tersebut yang membuat macetnya atau tak dapat terbukanya kaca mobil. Dibutuhkan ketelitian untuk melakukan pengecekan apabila terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan.

Kerusakan Pada Dinamo Power Window

Penyebab macetnya dari kaca mobil berikutnya disebabkan dari rusaknya dinamo power window. Dinamo power window memiliki fungsi penting untuk menjalankan regulator turun naiknya pada kaca mobil, letak dari dinamo power window tersebut berada pada bagian pintu mobil atau pada door trim mobil. Apabila kerusakan terjadi pada kumparan dari tenaga motor power window yang disebabkan korsleting, sudah pasti dapat merusak power window sehingga akan menyebabkan kinerja dari power window tak maksimal.

Dudukan Pada Regulator Kaca Mobil Lepas

Penyebab terakhir dari macetnya kaca mobil atau sulit dibuka (macet) adalah dudukan kaca pada regulator kaca mobil terlepas, fungsi dari regulator kaca tersebut sebagai penggerak kaca yang dibantu oleh motor power window untuk menurun atau menaikkan kaca mobil. Kerusakan atau masalah yang sering terjadi pada bagian ini diakibatkan oleh gergigi yang sudah aus dan penyebab lainnya dikarenakan terlepasnya dudukan kaca pada pada regulator kaca.

Kaca Mobil Kurang Perawatan

Ketika kaca mobil dinaik atau turunkan setiap harinya tanpa disadari terdapat banyak debu yang menempel pada kaca mobil, tanpa disadari debu tersebut akan menumpuk pada bagian power window hingga seiring berjalannya waktu akan menyebabkan kemacetan terhadap kaca mobil. Disarankan untuk rutin membersihkan mobil apabila terlihat sudah sangat kotor, dampak lalin dari kotoran yang menempel pada kaca mobil juga akan menyebabkan baret pada kaca film mobil.

itulah 5 penyebab umum dari tak berfungsinya kaca mobil saat hendak dibuka-tutup, semoga artikel yang dibagikan ini dapat membantu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here