Memasuki Musim Penghujan, BPBD Riau Minta Kabupaten Kota Agar Siap Siaga
Memasuki Musim Penghujan, BPBD Riau Minta Kabupaten Kota Agar Siap Siaga

Berita Pekanbaru – Saat ini terdapat sejumlah wilayah yang ada di Riau dalam ancaman terjadinya banjir. Khususnya daerah yang selama ini sudah menjadi tempat langganan terjadinya banjir.

Terlebih lagi saat ini sudah memasuki September hingga nanti penghujung tahun 2022 ini, potensi bencana banjir sudah diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan terjadinya curah hujan yang tinggi.

Saat ini bencana banjir sudah mulai terjadi di beberapa titik di wilayah Riau. Seperti di Dumai, Pekanbaru, Pelalawan, Kuansing dan Rohul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, Kamis (22/9/2022) juga menegaskan, bahwa pihaknya saat ini selalu akan memonitor dan berkoordinasi langsung dengan BPBD di daerah untuk memantau langsung perkembangan bencana banjir yang ada di seluruh wilayah di Riau.

Baca juga: SIM Keliling Belum Beroperasi, Berikut Tempat Perpanjangan SIM di Pekanbaru

“Kita terus akan memonitor, akan ada peringatan dini dari BNPB yang saat ini selalu mengingatkan daerah mana yang rawan terjadi bencana. Kita kemudian meminta daerah agar siap siaga, mulai dari personil, sarana prasarana, dan juga hal lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk penetapan status siaga darurat banjir, saat ini belum bisa ditetapkan. Sebab dalam penetapan status siaga darurat banjir yang ada di tingkat provinsi harus ada dua daerah yang saat ini mengalami banjir dan menetapkan status siaga banjir.

Jika syarat itu sudah terpenuhi, maka BPBD Provinsi Riau sudah bisa menetapkan status siaga banjir untuk tingkat provinsi tersebut.

“Kalau sudah ditetapkannya daerah, kita juga yang ada di provinsi akan bisa menetapkan. Tapi saat ini kan belum ada kabupaten kota yang menetapkan,” ujarnya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here