Dang Merdu – Bagi kalian para pecinta kamera dan fotografi, perawatan kamera merupakan salah satu elemen terpenting selain melakukan pengeditan dan pengambilan gambar.

Apakah kamu sering meninggalkan begitu saja perlengkapan fotografi kamu setelah cekrek-cekrek? Karena seringkali ditinggal pada tempat yang kurang layak dan sampai pada waktunya akan digunakan kembali malah tidak jadi dan malas untuk menggunakannya karena kotor?

Pasti seringkali ragu untuk membersihkan kamera karena berbagai komponen yang terbilang rapuh dan takut rusak bila diberikan perawatan tertentu. Ataupun berbagai macam alasan yang lain, seperti karena kamu terlalu berhati-hati hingga kamu takut untuk menyentuhnya?

Karena terlalu takut untuk membersihkan kamera sendiri, kamu selalu mempercayakan pembersihan kamera kamu kepada toko kamera. Nah, sekarang kamu tidak perlu takut lagi ya, ayo, simak dan coba cara untuk membersihkan kamera mudah dan praktis berikut ini!

Peralatan Membersihkan Kamera

Berbagai macam pilihan alat pembersih untuk kamera:
• Cleaning kit kamera 7-in-1 atau 9-in-1
• Lenspen
• Kain microfiber
• Blower tangan
• Tisu
• Cairan pembersih khusus lensa kamera
• Kuas lembut
• Cotton bud halus
Cara membersihkan kamera yang sangat mudah dan sangat praktis dapat dilakukan, terutama dengan menggunakan cleaning kit. Dengan menggunakan cleaning kit, pastinya membersihkan kamera akan menjadi lebih cepat dan mudah, karena semua peralatan telah disediakan.

Ada berbagai macam paket pembersih kamera yang bisa kamu pilih, dan sudah lengkap dengan instruksi perawatannya seperti 7-in-1 dan 9-in-1 cleaning kit. Kamu juga bisa gunakan lenspen, alat modern yang berbentuk seperti pena yang dapat mempermudah proses dalam pembersihan lensa.

Baca Juga : Pedoman Praktis Memotret dengan DSLR dan Mirrorless

Lantas, bagaimana cara membersihkan kamera lain, kamu dapat membeli peralatan pembersih dengan cara terpisah, seperti alat pembersih terutama kain microfiber, kain ini memiliki tekstur yang khusus seperti yang kamu gunakan untuk membersihkan kacamata kamu.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menyiapkan blower tangan, alat tiup khusus untuk berbagai elemen statis – dan jangan pernah sekalipun membersihkan kamera dengan cara meniup melalui mulut, karena kemungkinan menempelnya air liur dapat memberikan dampak yang buruk pada alat fotografi kamu!

Sediakan juga berbagai peralatan pendukung lainnya seperti tisu dan cairan pembersih khusus untuk lensa. Dan jangan gunakan sembarang tisu dan cairan pembersih, ya!

Perlu kamu ingat, sebisa mungkin gunakan perlengkapan pembersih dengan tekstur yang lembut dan statis, karena peralatan elektronik sangat rentan akan rusak.

Agar tidak merusak mesin dalam, seperti kuas dengan ujung bulu yang lembut serta kuas statis, dan cotton bud halus agar dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit untuk diraih.

Langkah-Langkah Membersihkan Kamera
• Bersihkan Lensa Kamera
Setelah membahas mengenai peralatannya, maka selanjutnya adalah cara membersihkan kamera dengan mudah dan praktis, dimulai dari bagian yang paling depan, yaitu lensa kamera.

Pertama-tama, yang kamu harus buka tutup lensa dan lensa menghadap ke atas. Jika menggunakan tisu khusus dan lenspen, selalu bersihkan dengan searah jarum jam. Bersihkan dengan lembut dan berhati-hati, dan jangan terlalu ditekan atau meletakkan tangan di sekitar lensa.

Hindari untuk tidak membersihkan di tempat yang sama karena kamu hanya akan memindahkan kotoran dari satu bagian ke bagian lain. Buanglah tisu setelah digunakan. Dan jika menggunakan cairan pembersih khusus, jangan semprot langsung ke lensa tapi gunakan di media lain seperti kain microfiber.

• Bersihkan Bodi Kamera
Untuk bagian cara membersihkan body kamera, kamu dapat menggunakan berbagai alat untuk membantu seperti kuas dan cotton buds. Lebih baik jika kamu bisa menggunakan peralatan yang baru dan berbeda dari peralatan pembersih sebelumnya, untuk memastikan tidak ada partikel-partikel kotoran yang masuk.

Usapkan secara kering ke bagian yang memiliki kompartemen penyambung seperti tempat lensa, port untuk kartu SD dan USB, layar, tombol, dan lainnya. Bagian yang sempit dapat kamu jangkau dengan bulu-bulu yang halus dari kuas, ataupun cotton buds.

Hindari untuk menggunakan cairan pembersih lensa secara berlebihan, karena kemungkinan dapat masuk ke sela-sela yang dapat berbahaya.

Jika menggunakan blower tangan pada proses pembersihan kamera, maka sebisa mungkin arahkan hembusan angin keluar dari arah kamera agar kotoran dapat keluar dan tidak menempel kembali di sekitar alat kamu ini.

Tidak terlalu sulit bukan untuk membersihkan kamera sendiri? Setelah membaca cara membersihkan kamera dengan mudah dan praktis tadi. Dengan membersihkan kamera sendiri, pasti kamu akan semakin mengerti peralatan tentang fotografi kamu.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here