Film Dokumenter Membosankan Coba Tonton Film Dokumenter yang Ini !
Film Dokumenter Membosankan Coba Tonton Film Dokumenter yang Ini !

Dang Merdu – Bagi sebagian orang, menyaksikan film dokumenter bisa terasa membosankan. Padahal jika dituturkan dengan konsep yang apik, menonton film dokumenter bisa sama serunya dengan menonton film fiksi. Apalagi jika dokumenter yang dihadirkan ini tentang peristiwa menggemparkan yang mengundang rasa penasaran kita.

 

Dari peristiwa pemalsuan karya seni yang sukses besar, misteri pembunuhan, hingga penipuan bermodus kencan yang berakhir tragis, berikut ini sederet film dokumenter kriminal di Netflix yang menarik untuk ditonton.

 

  1. Made You Look: A True Story about Fake Art (2020)

 

Film dokumenter ini mengangkat kisah nyata tentang karya seni palsu, dengan sosok Ann Freedman sebagai tokoh utamanya. Ia adalah mantan direktur salah satu galeri seni tertua di New York, Knoedler Gallery, yang dalam kurun waktu 10 tahun tanpa sadar telah memasukkan lebih dari 60 lukisan abstrak palsu ke dalam galeri berusia lebih dari 165 tahun itu, dan menjualnya kepada kolektor seni.

 

Termasuk dalam koleksi palsu itu adalah lukisan dari Mark Rothko, salah satu karya seni paling mahal yang pernah dijual di dunia.

 

Ann Freedman tak sembarangan, ia telah memastikan keaslian lukisan-lukisan itu kepada para ahlinya, namun fakta mengungkap hal berbeda yang menggemparkan ini. Ini merupakan dokumenter menarik tentang keserakahan, aksi nekat, dan penipuan berisiko tinggi di dunia seni.

 

  1. Casting JonBenét (2017)

 

Kasus pembunuhan JonBenét Ramsey sempat menjadi kasus pembunuhan paling sensasional yang dimuat di berbagai tabloid dan majalah selama berbulan-bulan. JonBenét  merupakan gadis kecil pemenang kontes kecantikan yang lahir di Atlanta, Amerika Serikat pada 6 Agustus 1990 dari pasangan sosialita dan pengusaha kaya bernama Patsy Ramsey dan John Bennett Ramsey. Usianya baru berusia 6 tahun saat kasus pembunuhan ini terjadi pada 26 Desember 1996.

 

Jasadnya ditemukan di gudang bawah tanah rumahnya, di Boulder, Colorado, dengan keadaan tempurung kepala yang retak dan bekas luka lilitan kabel pada lehernya. Film ini ber-genre dokumenter, tetapi konsep penyajian ceritanya benar-benar unik dan membuat kisah ini menarik untuk diikuti.

 

Baca juga : Tragedy of Macbeth, Film dengan Suguhan Visual Memanjakan

 

  1. American Murder: The Family Next Door (2020)

 

Film dokumenter ini mengangkat kasus pembunuhan Shan’ann Watts yang hamil 15 minggu dan kedua putrinya, Bella Watts (4 tahun), Celeste ‘Cece’ Watts (3 tahun) yang terjadi di tahun 2018 lalu. Jasad Shan’ann Watts ditemukan terkubur di area kilang minyak, sedangkan jenazah kedua putrinya, Bella dan Celeste, ditemukan di sebuah tangki minyak yang tak jauh dari sana.

 

Meski ber-genre dokumenter, menyaksikan film ini rasanya seperti menonton film thriller berkat story telling-nya yang apik. Penonton diajak mencari tahu motif pelaku pembunuhan keluarga yang tampak harmonis tapi harus berakhir tragis ini.

 

  1. Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes (2019)

 

Theodore Robert Bundy atau Ted Bundy mengaku melakukan pembunuhan terhadap 36 wanita antara tahun 1974 sampai tahun 1978. Ia bahkan mengoleksi 12 kepala korbannya untuk dijadikan kenang-kenangan. Sosok sadis ini terkenal sebagai pembunuh berantai yang menggunakan karisma dan ketampanannya untuk menjebak korbannya.

 

Jebakannya itu dilakukan untuk menculik hingga berujung pembunuhan korban-korbannya. Serial film dokumenter ini berisi rekaman pengakuan Bundy yang mengerikan selama berjam-jam yang belum pernah diperdengarkan di manapun sebelumnya.

 

Selain rekaman pengakuan Bundy, ada pula testimonial dari para perempuan yang pernah dekat, atau bertemu langsung dengan Bundy, yang  berbicara mengenai pandangan mereka tentang si pelaku dan hal-hal terkait lainnya. Ini merupakan film dokumenter yang membuai, saat film ini dirilis pada tahun 2019 lalu, Netflix menyarankan untuk tidak menyaksikan film ini sendirian.

 

 

  1. The Tinder Swindler (2022)

 

Film dokumenter yang menyoroti penipuan yang dilakukan Shimon Hayut kepada sederet perempuan yang ditemuinya di aplikasi kencan Tinder ini ramai menjadi perbincangan. Memakai nama alias Simon Leviev, Shimon mengaku sebagai putra taipan berlian asal Israel, Lev Leviev, dan CEO perusahaan berlian keluarga, LL Diamonds.

 

Dengan ‘identitas’ tersebut, ia meyakinkan banyak perempuan di berbagai negara untuk memberikannya ‘pinjaman’ uang dalam jumlah fantastis. Tiga perempuan terakhir yang dikencaninya pun bertekad ingin membuat penipu itu jera dengan memasukannya ke balik jeruji besi.

 

Baca Sinopsis Film Hollywood lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here