Unsur sejarah ruang berhubungan dengan aspek geografis dimana peristiwa tersebut terjadi. Dalam pengertian tersebut, yang dimaksud aspek geografis dalam unsur sejarah adalah …

Unsur sejarah ruang berhubungan dengan aspek geografis dimana peristiwa tersebut terjadi. Dalam pengertian tersebut, yang dimaksud aspek geografis dalam unsur sejarah adalah …

jawaban

Unsur sejarah ruang berhubungan dengan aspek geografis dimana peristiwa tersebut terjadi. Dalam pengertian tersebut, yang dimaksud aspek geografis dalam unsur sejarah adalah RUANG.

Pembahasan

Hai generasi milenial yang makin kece karena makin melek literasi! Kali ini kita akan membahas tentang kaitan sejarah dan geografi. Check this out, gaes!

Sejarah adalah ilmu yang tidak hanya menceritakan kejadian saja namun juga mengungkap sebab-sebab, suasana lingkungan, dan keadaan sosial budaya dari proses sejarah tersebut. Dalam mengkaji sejarah harus dilakukan menyeluruh dan mendalam terkait faktor kausal, kondisional, dan kontekstualnya. Selain itu mengkaji sejarah juga tidak dapat berdiri sendiri melainkan akan bersinggungan denggan bidang ilmu sosial atau humaniora lainnya. Unsur-unsur penting dalam sejarah adalah sebagai berikut:

1. Ruang, unsur sejarah ini sangat berkaitan dengan geografi. Ruang sebagai unsur penting sejarah diartikan sebagai tempat terjadinya suatu peristiwa. Unsur ruang ini dapat memperjelas pemahaman tentang peristiwa sejarah secara lebih riil/nyata.

2. Manusia, adalah unsur sejarah yang menjadi pusat pemegang peranan yang peting. Sejarah mengkaji tentang peristiwa yang terjadi dan berkaitan denan manusia. Oleh sebab itu peranan manusia amat penting.

Baca juga  Teori Abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh?

3. Waktu, adalah unsur penting sejarah yang membantu mempelajari sejarah dengan merunut waktu guna menyusun kronoligis peristiwa. Bedasarkan waktu maka dapat disusun kronologis sebuah peristiwa sehingga urutan peristiwa dapat dipahami secara menyeluruh.

Jadi, unsur sejarah ruang berhubungan dengan aspek geografis dimana peristiwa tersebut terjadi. Dalam pengertian tersebut, yang dimaksud aspek geografis dalam unsur sejarah adalah RUANG.