titik garis bidang bentuk warna tekstur dan gelap terang merupakan wujud dari

titik garis bidang bentuk warna tekstur dan gelap terang merupakan wujud dari

jawaban

  1. Titik, garis, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang merupakan wujud dari seni rupa
  2. Menggambar bentuk dengan menggunakan model secara langsung misalnya mencontoh model yang berwujud benda asli.

 

Pembahasan

Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang seni yang menghasilkan karya dengan media visual atau penglihatan dan tekstur atau perabaan. Seni rupa sendiri dapat dibagi berdasarkan fungsi dan dimensinya.

Pembagian seni rupa berdasarkan fungsinya adalah:

  • Seni rupa murni: seni rupa yang lebih mengutamakan ekspresi atau cipta dan rasa dalam pembuatannya. Contoh seni rupa murni adalah lukisan, patung, dan fotografi.
  • Seni rupa terapan: seni rupa yang lebih mengutamakan nilai fungsi dalam pembuatannya. Contoh dari seni rupa terapan adalah kriya tekstil, kriya kayu, dan kriya keramik.

Sedangkan berdasarkan dimensinya, seni rupa dapat dibagi menjadi:

  • Seni rupa dua dimensi: karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran, panjang dan lebar. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, fotografi, dan batik.
  • Seni rupa tiga dimensi: karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran, panjang, lebar, dan tinggi. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah patung, ukiran, dan topeng.

Unsur Seni Rupa

Seni rupa memiliki beberapa unsur yaitu:

  • Titik
Baca juga  Cat yang mempunyai kekuatan tembus pandang warna cemerlang adalah?

Titik merupakan unsur paling dasar dari seni rupa. Hal ini dikarenakan titik dapat menghasilkan wujud ide/gagasan lalu menciptakan sebuah garis, bentuk, dan bidang.

  • Garis

Garis merupakan unsur utama dalam karya seni rupa. Garis dapat diartikan sebagai kumpulan titik yang berangkai. Contoh garis yang sering digunakan dalam menggambar adalah garis lurus, garis lengkung, garis vertikal, garis horizontal, dan garis diagonal.

  • Bidang

Bidang dapat terbentuk dari satu atau sekumpulan garis. Garis-garis tersebut membentuk bidang tertutup karena adanya perpotongan beberapa garis pada pangkalnya.

  • Warna

Warna dapat menimbulkan kesan keindahan dalam seni rupa. Warna-warna yang ada didapat dari tiga warna pokok yang dinamakan warna primer, yaitu merah, kuning, dan biru.

  • Tekstur

Tekstur merupakan unsur seni rupa yang menunjukan kualitas rabaan dari suatu permukaan atau penggambaran permukaan suatu objek pada karya.

  • Gelap Terang

Gelap terang adalah perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Bagian objek yang terkena cahaya akan lebih terang, sedangkan bagian objek yang tidak terkena cahaya akan lebih gelap.

Menggambar Model

Menggambar model mengacu pada aktivitas menggambar yang memerlukan objek yang mirip seperti aslinya lalu dituangkan dalam bentuk gambar. Objek asli dibutuhkan sebagai sumber inspirasi gambar. Objek gambar dapat berupa makhluk hidup seperti manusia, flora, atau fauna, benda mati seperti perabotan, bangunan, atau kendaraan, dan benda alam seperti gunung, langit, atau pantai.