Terbentuknya ASEAN merupakan salah satu wujud …. A. kerja sama internasional B. pertukaran dan percampuran kebudayaan C. adanya pakta militer D. kerja sama bilateral E. kerja sama regional

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Negara yang menjadi Founding Fathers ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. ASEAN mempunyai tujuan bersama yang tertuang dalam Deklarasi Bangkok yaitu:
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara.
2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
5. Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
6. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
7. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Baca juga  jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik indonesia

Jadi, jawaban yang benar adalah E. kerja sama regional.

Semoga bermanfaat.