secara garis besar surah ali-imran ayat 190-191 menjelaskan tentang

secara garis besar surah ali-imran ayat 190-191 menjelaskan tentang

jawaban

Secara garis besar atau secara umum isi kandungan surah ali imran ayat yang ke 190-191 menjelaskan tentang sikap berpikir kritis (Pilihan jawaban A). Karena dalam ayat tersebut menjelaskan tentang kebesaran Allah pada fenomena alam bagi orang yang berakal. Sehingga kita harus menggunakan akal yang telah Allah berikan untuk berpikir tentang kebesaran Allah melalui semua makhluk ciptaan Allah.

Pembahasan

Isi kandungan surah ali imran ayat ke 190 dan 191 antara lain adalah

  • Pada kejadian penciptaan langit dan juga penciptaan bumi terapat tanda-tanda kebesaran Allah yang hanya disadari oleh orang yang berakal atau ulil albab
  • Pada kejadian pergantian hari dengan malam atau sebaliknya pergantian malam dengan hari terapat tanda-tanda kebesaran Allah yang hanya disadari oleh orang yang berakal atau ulil albab
  • Ciri-ciri ulil albab adalah
  1. Seseorang yang selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk atau berbaring
  2. Seseorang yang selalu memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi

——

Memikirkan tentang semua makhluk ciptaan Allah yang ada di alam semesta dan semua fenomena yang ada di alam semesta akan membuat keimanan kita meningkat. Karena dengan berpikir tentang makhluk ciptaan Allah akan membuat kita sadar akan kebesaran dan kekuasaan Allah yang sangat besar, sehingga Allah mampu menciptakan semua makhluk tersebut dengan indah dan juga teratur.

Baca juga  Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw ketika melakukan dakwah di mekkah,maka terdapat beberapa sahabat yang masuk islam pertama kali. mereka dikenal dengan sebutan?

 

Semua hal yang terlah Allah ciptakan tidak ada satupun yang sia-sia semua memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam kehidupan di alam dunia. Oleh karena itu kita tidak boleh menghina atau memandang rendah terhadap ciptaan Allah lainnya, baik itu ciptaan Allah dari kalangan manusia atau dari kalangan bukan manusia.