salah satu contoh perbuatan maksiat di sekolah adalah

salah satu contoh perbuatan maksiat di sekolah adalah

jawaban

tiga contoh perbuatan maksiat bebruat syirik, berjudi, meminum khamar , berzina. Maksiat adalah segala sesuatu perbuatan mengikuti hawa nafsu yang melanggar perintah ALLAH.

PEMBAHASAN

Perbuatan maksiat adalah segala bentuk perbuatan yang melanggar perintah ALLAH , yaitu perbuatan menuruti hawa nafsu, yang mana perbuatan ini akan merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain. merugikan ini yaitu merugikan di dunia dan juah lebih merugikan lagi di akhirat. Sebagaimana dalam surah Az Zalzalah disampaikan bahwa setiap perbuatan buruk kita kan mendapat balasan walaupun hanya sekecil debu.

Kemaksiatan ini ada berbagai macam bentuknya, dan setiap darinya akan menghantarkan pelakunya kepada kerugian yang besar. Beberapa dari contoh kemaksiatan yang terdapat dalam hadist Rasulullah berikut yaitu ,

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, “Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan.” Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa yang membinasakan tersebut?” Beliau bersabda, “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang haram untuk dibunuh kecuali jika lewat jalan yang benar, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari medan perang, menuduh wanita mukminah yang baik-baik dengan tuduhan zina.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Kemudian beberapa conoth kemaksiatan yang terdapat dalam Al Quran adalah ,

Surah Al Maidah ayat 90 :

Baca juga  kata ihsan dari sisi bahasa artinya

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

________________________________________

 

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

 

Surah Al Maidah ayat 91 :

 

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

 

________________________________________

 

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).

PELAJARI LEBIH LANJUT

 

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !