pengertian konduksi

pengertian konduksi

Jelaskan pengertian dari konduksi, konveksi, dan radiasidan dengan contohnya masing2 ya guyss..

jawaban

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Konduksi: perpindahan panas dari satu benda ke benda lain yang bersentuhan, tanpa melalui perpindahan materi. Contoh: rasa panas saat kita menyentuh cangkir berisi minuman panas

 

Konveksi: perpindahan panas dari satu benda ke benda lain dengan melalui perpindahan materi. Contoh: perpindahan panas di atmosfer melalui angin

 

Radiasi: perpindahan panas dari satu benda ke benda lain dengan pemancaran gelombang elektromagentik. Contoh: perpindahan panas dari matahari ke bumi

Jawaban panjang:

Panas bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan tiga cara: Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Konduksi dan konveksi memerlukan adanya materi untuk mentransfer panas, sedangkan radiasi tidak memerlukan.

Jika ada perbedaan suhu antara dua benda atau tempat, maka akan selalu terjadi perpindahan panas dari benda atau tempat yang suhunya lebih tinggi ke tempat yang suhunya lebih rendah.

1. Konduksi

Konduksi adalah perpindahan panas antar benda atau zat yang bersentuhan langsung. Konduksi terjadi karena ketika zat atau benda dipanaskan, partikel di dalamnya akan mendapatkan lebih banyak energi, dan bergerak lebih banyak. Molekul-molekul ini kemudian bersentuhan dan mentransfer energi panas partikel di dekatnya.  Ini menyebabkan perambatan panas antar zat.

Baca juga  sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi listrik

Contoh: ketika kita memegang cangkir berisi the atau kopi panas, akan ada perindahan panas dari minuman ke cangkir hingga ke tangan kita.

2. Konveksi

Konveksi adalah perpindagan energi panas dari tempat yang lebih panas ke tempat yang lebih dingin, ketika cairan atau gas bergerak ke daerah yang lebih dingin ke daerah yang lebih panas. Hal ini menghasilkan sirkulasi materi yang terus-menerus sampai ada kesetaraan suhu.

Contoh: angin di atmosfer terjadi ketika udara bergerak dari daerah dingin ke tempat yang lebih hangat.

3. Radiasi

Radiasi adalah metode perpindahan panas yang tidak bergantung pada kontak antara sumber panas dan benda yang dipanaskan, berbeda dengan konduksi dan konveksi. Panas ditransmisikan melalui radiasi elektromagentik pada gelombang inframerah.

Contoh: perpindahan panas dari matahari hingga sampai ke bumi