metode pendekatan wilayah dikembangkan oleh

metode pendekatan wilayah dikembangkan oleh

a. W.B Helgeson
b.Bedworth
c.Moansoor
d.Kilibridge
e.wester​

jawaban

A.W.B Helgeson

Pengertian Pendekatan Wilayah

Pendekatan Geografi

 

Merupakan cara pandang yang digunakan untuk mempelajari fenomena dalam ruang lingkup geografi. Pendekatan geografi di bagi menajdi 3, yaitu:

1. Pendekatan keruangan atau Spatial Approach

Digunakan untuk mengkaji fenomena geosfer berdasarkan ruang kejadiannya. Pendekatan keruangan disebut juga pendekatan spasial, kajian pada pendekatan keruangan menitikberatkan pada perbedaan karakteristik antara wilayah. Perbedaan karakteristik antara wilayah dapat dikaji berdasarkan sifat-sifat pentingnya sebagai struktur pola dan proses. Pola keruangan berkaitan dengan distribusi kenampakan dalam bentuk titik, garis, atau area beserta fungsinya. Pendekatan keruangan dapat dikaji melalui objek aktivitas manusia dan Karakteristik wilayah atau region.

2. Pendekatan kelingkungan ataul ecological approach

Pendekatan kelingkungan disebut juga pendekatan ekologi ekologi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antar organisme hidup dengan lingkungan interaksi tersebut membentuk suatu sistem keuangan yang disebut ekosistem interaksi organisme hidup seperti manusia hewan dan tumbuhan dengan lingkungannya dikaji melalui pendekatan kelingkungan pendekatan ini digunakan untuk mengetahui keterkaitan antara makhluk hidup dengan habitatnya.

Baca juga  Seseorang yang memiliki dua atau lebih kewarganegaraan disebut?

3. Pendekatan kompleks wilayah atau regional complex offroad approach

Pendekatan ini mengkaji suatu permasalahan dengan mengkombinasikan kan pendekatan keruangan dan kelingkungan. Pendekatan ini berdasarkan pada pengertian areal differentiation yaitu adanya perbedaan karakteristik setiap wilayah. Setiap wilayah memiliki perbedaan karakteristik yang mendorong interaksi antar wilayah. Salah satu ciri penggunaan pendekatan ini adalah adanya pengklasifikasian pada analisisnya. Pada penerapan pendekatan ini misalnya untuk penerapan perencanaan kawasan pemukiman atau transmigrasi.