menyapu berjalan termasuk contoh gerak

menyapu berjalan termasuk contoh gerak

jawaban

lokomotor

Penjelasan:

yaitu gerak yang berpindah tempat

Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat dari tempat asal ke tempat yang lain. Gerak lokomotor merupakan salah satu jenis gerak dasar.

Pembahasan

Gerakan lokomotor merupakan salah satu gerakan dari gerak dasar. Gerak dasar adalah gerakan yang dimiliki oleh manusia yang mendasari gerakan mulai dari gerakan ringan hingga gerakan yang kompleks. Dalam tubuh manusia, gerak dasar terdiri dari tiga macam, yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Berikut penjelasan dari ketiga jenis gerak dasar tersebut.

Gerak lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia yang ditandai dengan adanya perpindahan tempata dari tempat asal ke tempat yang lainnya. Gerak lokomotor merupakan gerakan yang digunakan untuk melakukan transpotasi atau perpindahan tempat. Contoh dari gerak lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling.

Gerak non lokomotor

Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai tanpa adanya perpindahan tempat dari tempat asal. Gerak non lokomotor biasa digunakan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga. Contoh dari gerakan non lokomotor adalah membungkuk, menoleh, meliukkan badan, dan memutar sendi tangan dan kaki.

Baca juga  Gambar di samping merupakan contoh perpindahan kalor secara?

Gerak manipulatif

Gerak manipulatif adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Contoh dari gerak manipulatif adalah melempar, menendang, memukul, dan menangkap.