memutar badan sambil memegang bola merupakan contoh gerak

memutar badan sambil memegang bola merupakan contoh gerak

jawaban

gerakan terserbut dinamakan pivot

Pivot adalah gerakan memutar badan sambil membawa bola dalam permainan bola basket. Pivot digunakan untuk menipu pergerakan lawan.

Pembahasan

Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang identik dengan permainan bola tangna. Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasa, salah satunya adalah teknik pivot. Teknik pivot adalah gerakan memutar badan ke segala arah dengan salah satu kaki sebagai tumpuan.

Cara melakukan teknik pivot adalah.

  • Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri sedikit condong ke depan dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Posisi kedua lutut kaki sedikit ditekuk. Pilih salah satu kaki yang dijadikan sebagai tumpuan dan posisikan dengan kuat.
  • Kemudian pegang bola dengan kedua tangan dan posisikan bola di perut.
  • Kemudian putar badan ke segala arah dengan menggerakkan salah satu kaki.
  • Ketika melakukan gerakan memutar badan, posisi kaki tumpuan tidak boleh bergeser.
  • Ketika selesai melakukan gerakan memutar badan, lakukan gerakan lanjutan.
Baca juga  Olahraga renang dimulai sejak abad ke-19 di kota?

Pivot adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sambil memegang bola basket. Gerakan putaran pada Pivot tidak boleh sampai menggeser letak kaki yang dipakai berputar. Jika sampai geser maka sudah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar itu bisa sampai 380 derajat.

Gerakan pivot berfungsi untuk melindungi bola dari lawan. Gerakan pivot digunakan dalam permainan bola basket. Gerakan pivot dilakukan dengan cara memutar badan dgn salah satu kaki sebagai poros dan tangan memegang bola.