mangka kanthining tumuwuh

Mangka kanthining tumuwuh,Salami mung awas eling,

Eling lukitaning alam,

Dadi wiryaning dumadi,

Supadi nir ing sangsaya,

Yeku pangreksaning urip.

DALAM BAHASA INDONESIA

Padahal bekal/modal orang hidup,

selamanya waspada dan ingat,

Ingat kepada petunjuk/contoh di alam ini.

Jadi kekuatan hidup,

supaya lepas dari kesengsaraan,

yaitu cara pemeliharaan hidup.

Tuliskan maknanya dlm bhs jawa

jawaban

Artine tembang kinanthining dhuwur yaiku:

  • Kamangka panuntune urip, ingkang selawase mung waspada lan eling, ugi eling marang pratandhaning alam lan dadi kamulyaning urip, supaya bisa adoh saka kasangsaran, yaiku ugi cara kanggo njaga urip.

Pembahasan

Tembang macapat Kinanthi yaitu merupakan tembang yang menggambarkan tentang seorang anak menuju usia dewasa.

Tembang kinanthi diambil dari kata kanthi yang memiliki arti tuntunan bimbingan yang didampingi atau diarahkan. Tembang ini juga mempunyai makna tersendiri dalam bahasa jawa yang sama dengan kata gandheng kanthil dan kanthi. Namun ada beberapa perbedaan atau keistimewaan dari tembang macapat Kinanthi ini.

Watak dari tembang Kinanthi ini yaitu ebih cenderung memberikan nuansa tentang kebahagiaan, kasih sayang, dan juga sebagai keteladanan hidup. Lirik dari tembang Kinanthi ini akan sangat tepat digunakan untuk menyampaikan sebuah nasehat, wejangan dan juga tentang bertema kasih sayang.

Baca juga  Pambéda ageman sinjang antawisipun gagrag Ngayogyakarta lan Surakarta inggih menika?

Tembang Kinanthi ini mempunyai yang Guru Gatra: 6 baris setiap bait (Artinya tembang Kinanthi ini juga memiliki 6 larik atau baris kalimat).

Guru wilangan dari Tembang Kinanthi yaitu:8, 8, 8, 8, 8, 8 (yang Artinya baris pertama terdiri dari 8 suku kata, baris yang kedua berisi 8 suku kata, dst). Dan Guru Lagu pada Tembang Kinanthi yaitu: u, i, a, i, a, i (Artinya dari yang baris pertama berakhir dengan vokal u, baris kedua berakhir vokal i, dst).