manfaat hubungan internasional di bidang ideologi

manfaat hubungan internasional di bidang ideologi

jawaban

Pembahasaan :

Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan yang relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun, yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu,dapat diartikan sebagai negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang bersifat internasional (Definisi Hubungan Internasional oleh Warsito Sunaryo)

Hubungan Internasional sendiri memiliki berbagai manfaat di berbagai bidang, seperti bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan dan Keamanan. Berikut kakak ulas satu persatu manfaat Hubungan Internasional.

1.    Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Ideologi

Hubungan ini dalam bidang Ideologi bermanfaat guna menjaga keutuhan dan mempertahankan Ideologi suatu Bangsa dan Negara yang satu dengan Bangsa dan Negara yang lain.

2.    Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik

Hubungan ini dalam bidang Politik bermanfaat guna meningkatkan produktivitas kegiatan kebijakan politik dan hubungan luar negeri guna menciptakan kepentingan nasional.

3.    Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Ekonomi

Hubungan ini dalam bidang Ekonomi bermanfaat guna menambah dan meningkatkan perekonomian nasional suatu bangsa dan negara.

Baca juga  Proses pembuatan rancangan Undang-undang, menurut UUD NRI Tahun 1945 sesuai dengan Pasal 5 ayat 1 yang berhak mengajukan rancangan Undang-undang adalah?

4.   Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Sosial Budaya

Hubungan ini dalam bidang Sosial Budaya bermanfaat guna meningkatkan hubungan sosial budaya bangsa dalam rangka memberikan tindakan preventif dan represif akan bentuk ancaman, tantangan, hambatan, serta gangguan dan kejahatan nasional untuk menciptakan pembangunan nasional yang positif.

5.    Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Hubungan ini dalam bidang Pertahanan dan Keamanan bermanfaat guna menunjang sistem keamanan bangsa dan negara dalam rangka meningkatkan dan menjaga integrasi nasional.