manfaat ciri khusus pada makhluk hidup adalah

manfaat ciri khusus pada makhluk hidup adalah

a membuat makanan

B mempertahankan hidup

C menghasilkan keturunan

D mempercepat pertumbuhan​

jawaban

Manfaat ciri khusus pada makhluk hidup adalah B. Mempertahankan hidup.

 

Pembahasan

Setiap makhluk hidup memiliki ciri khususnya masing-masing, dan juga memiliki penyebab yang berbeda-beda dibalik semua ciri khusus tersebut. Semua ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup meskipun berbeda-beda tetapi memiliki satu tujuan yang sama, yaitu mempertahankan hidup. Mempertahankan hidup disini memiliki banyak arti, bisa mencari makan, menyesuaikan diri dari lingkungan, maupun mempertahankan diri dari predator.

 

Ciri khusus pada makhluk hidup timbul akibat makhluk hidup melakukan adaptasi atau penyesuaian diri terhadap lingkungan. Ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup berbeda-beda karena memiliki lingkungan hidup yang berbeda-beda juga. Ciri khusus yang ada pada makhluk hidup menyesuaikan dari lingkungan hidupnya. Sebagai contoh kaktus memiliki daun yang berlapis lilin untuk mengurangi penguapan karena kaktus tinggal di daerah gurun. mengurangi penguapan merupakan bentuk mempertahankan hidup dari kaktus agar tidak mati.

Baca juga  Cermatilah organisme-organisme berikut! Paramecium, Amoeba, Hydra, Euglena, Spirogyra. Organisme uniseluler ditunjukan oleh nomor?