makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

a. makruh
b. haram
c. mubah

2.) Berikut ini zat adiktif yang membuat orang bisa kecanduan adalah…
a. air soda
b. kafein
c. khamr
d. susu sapi
3.) Hikmah mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah…
a. menumbuhkan semangat beribadah
b. perut menjadi lebih kenyang
c. menghambat penuaan dini
d. kulit menjadi halus

Thanks for your kindness…

4.) Bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang halal ?

jawaban

Jawaban dari soal-soal pilihan ganda tersebut adalah:

  1. Jawaban dari soal yang ada pada nomor 1: Hukum memakan makanan yang membahayakan tubuh walaupun halal adalah haram. Di mana semua perbuatan yang dapat membahayakan tubuh dilarang dalam islam. Dalam islam selain halal makan yang dikonsumsi juga harus bersifat baik bagi tubuh.
  2. Jawaban dari soal yang ada pada nomor 2: Zat adiktif yang dapat memberikan dampak kecanduan yang paling besar adalah khamar. Khamar selain memabukkan juga dapat menyebabkan kecanduan. Oleh karena itu, hukum mengkonsumsi khamar adalah haram.
  3. Jawaban dari soal yang ada pada nomor 3: Hikmah yang paling utama dari mengkonsumsi makanan yang halal adalah menumbuhkan semangat dalam beribadah. Hal ini karena makanan yang baik dapat menyebabkan amalan perbuatan baik juga.
  4. Jawaban dari soal yang ada pada nomor 4: Tidak boleh menghindari makanan halal tetapi kita harus menghindari makanan haram. Cara menghindari makanan haram adalah dengan mengetahui makanan haram dan selektif pada saat makan atau minum.
Baca juga  sebutkan macam macam sabar dan berikan contohnya

Pembahasan

Umat islam diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang halal dan baik bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Dalil tentang mengkonsumsi makanan halal dan baik bagi tubuh dapat kita jumpai di dalam beberapa ayat Al Qur’an dan beberapa hadis nabi.