komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu

komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu

jawaban

Komposisi dalam menggambar dibedakan menjadi dua, yaitu komposisi simetris dan asimetris.

 

Pembahasan

Prinsip Komposisi

Dalam seni rupa, ada beberapa prinsip penting, salah satunya adalah komposisi. Komposisi di sini mengacu pada cara penempatan, penyusunan, dan pengaturan objek gambar secara serasi di atas media gambar. Dalam prinsip ini, posisi dan keadaan objek yang sedang digambar harus diperhatikan. Objek gambar berada dalam satu ruang dalam posisi tertentu dan berdampingan dengan objek gambar lain karena ruang dan objek lain memperkuat karakter hasil karya. Hal ini dilakukan agar hasil objek gambar terlihat menarik dan tidak menimbulkan kesan kaku, melelahkan, atau membingungkan. Contoh penggambaran komposisi yang benar adalah pohon tampak tinggi karena berada bersama tanaman lain yang lebih rendah atau tiang akan terlihat tinggi karena berada bersama tiang lain yang tegak.

 

Jenis Komposisi

Komposisi sebenarnya dapat dibagi dalam tiga macam, yaitu:

  • Komposisi Simetris

Komposisi simetris mengacu pada penggambaran objek gambar diletakkan secara seimbang. Objek gambar diletakkan pada sebelah kanan dan kiri sehingga terlihat seimbang baik dalam bentuk atau ukuran.

  • Komposisi Asimetris

Komposisi asimetris adalah peletakkan objek gambar yang tidak seimbang. Objek digambar tidak seimbang dari segi ukuran maupun bentuk. Walau begitu, gambar tetap menghasilkan proporsi dan kesatuan.

  • Komposisi Netral
Baca juga  membuat gambar kolase dapat melatih

Pada komposisi netral, objek digambar di tengah bidang gambar. Selain itu, antar objek juga diatur sesuai dengan proporsi bentuk, keseimbangan dan kesatuannya.

 

Selain komposisi, ada beberapa prinsip lain dalam menggambar yang perlu diperhatikan agar hasil gambar terlihat menarik. Beberapa prinsip tersebut adalah:

 

Keseimbangan

Keseimbangan, atau balance, adalah keselarasan bidang, model, serta hasil gambar. Keseimbangan hanya bisa didapat dengan pembuatan skala, pemberian efek perspektif pada model gambar, dan sudut pandang penggambar.

 

Perspektif

Perspektif adalah melihat sudut pandang objek pada saat menggambar. Ada beberapa jenis perspektif dalam menggambar, yaitu satu titik hilang, dua titik hilang, dan tiga titik hilang.

 

Proporsi

Proporsi merupakan perbandingan yang ideal antara benda yang menjadi objek gambar. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati objek gambar. Jika proporsi objeknya tepat, maka hasil gambarnya akan terlihat wajar. Contohnya adalah gambar sepeda lebih kecil dari gambar mobil karena di kehidupan nyata, bentuk sepeda lebih kecil dari bentuk mobil.