kemuliaan manusia yang lebih daripada malaikat ditegaskan dengan bukti

kemuliaan manusia yang lebih daripada malaikat ditegaskan dengan bukti

a. manusia memiliki ketaatan yang bisa melebihi malaikat

b. nabi dan rasul diangkat dari golongan manusia

c. karakter manusia yang tenang dan penuh kedamaian

d. Allah memerintahkan kepada malaikat untuk sujud kepada nabi Adam A.S. setelah nabi Adam A.S. menjelaskan tentang ilmu yang telah diajarkan oleh Allah swt.

e. Allah memerintahkan manusia untuk senantiasa beribadah kepada-Nya

jawaban

Kemuliaan manusia yang lebih daripada malaikat ditegaskan dengan bukti D. Allah memerintahkan kepada malaikat untuk sujud kepada nabi Adam a.s. setelah nabi Adam a.s. menjelaskan tentang ilmu yang telah diajarkan oleh Allah SWT.

Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah, tidak pernah membangkang perintah Allah ataupun melakukan perbuatan dosa. Mereka adalah hamba yang dimuliakan, selalu memuji Allah, bertasbih dan mengagungkan asma Allah SWT. Namun, manusia tetap menjadi makhluk yang paling dimuliakan oleh Allah karena memiliki ilmu pengetahuan, memiliki kepantasan menjadi khalifah di muka bumi, mampu mengungkap rahasia alam semesta, memiliki akal sempurna untuk mengetahui baik dan buruk, dan dibekali fitrah tauhid.

Di antara beberapa bukti dari kedudukan tinggi manusia adalah Allah menyuruh para malaikat-Nya untuk bersujud kepada manusia, sebagai bukti ketundukan dan ketaatan malaikat kepada perintah Allah sesuai firman Allah di surah Shad ayat 71 – 72 :

Baca juga  salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama

إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ○فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ○

“(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Kemudian apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya dan Aku tiupkan roh (ciptaan)-Ku kepadanya; maka tunduklah kamu dengan bersujud kepadanya