jelaskan posisi kedua tangan saat melakukan gerakan berayun di palang

jelaskan posisi kedua tangan saat melakukan gerakan berayun di palang

jawaban

Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah melakukan gerakan berayun dan bergantung pada palang:

  • Langkah awal adalah berdiri di bawah palang.
  • Angkat kedua tangan ke atas dan telapak tangan terbuka siap untuk memegang palang dengan menghadap posisi telapak tangan ke depan atau ke belakang sesuai dengan kesukaannya masing-masing.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan loncatan ke atas dan memegang palang dengan kedua tangan.
  • Apabila posisi sudah menangkap palang dengan kedua tangan maka tahan posisi tersebut selama beberapa saat dengan posisi kedua kaki lurus dan tubuh juga lurus.
  • Saat menahan posisi tersebut dinamakan gerakan menggantung di atas palang.
  • Langkah berikutnya adalah coba gerakkan kedua kaki secara pelan-pelan dengan cara mengayunkan ke depan dan ke belakang.
  • Lakukan gerakan mengayunkan kedua kaki secara bergantian ke depan dan ke belakang selama beberapa saat hingga merasakan kondisi badan mengayun.
  • Terakhir adalah melakukan pendaratan dengan kedua kaki, usahakan kaki menekuk saat mendarat guna mengurangi redaman benturan pada sendi kaki agar tidak terjadi cidera.

Penjelasan:

Gerakan bergantung dan mengayun merupakan salah satu gerakan dasar dalam senam ketangkasan. Gerakan bergantung dan mengayun bisa dilakukan pada alat berupa palang, akan tetapi gerakan ini juga bisa dilakukan pada dahan pohon yang kuat atau juga pada gawang pintu. Gerakan bergantung dan mengayun membutuhkan tenaga/kekuatan otot lengan dan bahu yang kuat oleh karena itu gerakan bergantung dan berayun merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan otot-otot anggota gerak bagian atas. Atlet senam ketangkasan wajib melakukan latihan bergantung dan berayun guna mendukung performa mereka dalam melakukan gerakan yang notabene banyak membutuhkan kekuatan dari anggota tubuh bagian atas.

Baca juga  seorang pemain dikatakan menang dalam permainan tenis meja jika kedudukannya

Senam ketangkasan sendiri merupakan salah satu cabang dari olahraga yang sering dilombakan. Senam ketangkasan merupakan olahraga yang membutuhkan kombinasi dari kekuatan. kelincahan, kecepatan, kelenturan, daya ledak dan koordinasi. Hanya seorang yang terlatih yang mampu melakukan gerakan senam ketangkasan dengan baik karena pada dasarnya senam ketangkasan harus melakukan latihan secara rutin guna bisa melakukan gerakan senam ketangkasan yang notabene banyak sekali gerakan yang sulit dan kadang membahayakan untuk dilakukan oleh orang awam/biasa. Tanpa latihan yang konsisten dan rutin gerakan dalam senam ketangkasan akan sulit untuk dipraktekkan.