jelaskan periodisasi sejarah peradaban islam yang kamu ketahui

jelaskan periodisasi sejarah peradaban islam yang kamu ketahui

jawaban

Periodisasi sejarah peradaban Islam dapat dimaksudkan pembabakan atau pengelompokan waktu dalam proses keberadaan dan penyebaran Islam di dunia. Islam merupakan salah satu agama yang banyak dianut di dunia, bahkan menjadi mayoritas di Indonesia. Sebelum menyebar ke seluruh penjuru dunia, umat Islam memerlukan proses yang memakan waktu bahkan hingga ratusan atau ribuan tahun.

Pembahasan

Peradaban Islam di mulai sejak Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai nabi oleh Allah. Sejak saat itu, mulailah muncul sebuah agama baru yang dikenal dengan nama Islam yang saat ini menjadi salah satu agama yang memiliki penganut yang besar di dunia. Di Indonesia sendiri, Islam menjadi agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia.

Keberadaan dan penyebaran Islam di dunia tidaklah dilakukan secara mudah, melainka membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Proses tersebut kemudian membentuk pengelompokan pada setiap masa yang dikenal dengan periodisasi sejarah peradaban Islam.

Terkait dengan periodisasi sejarah peradaban Islam sendiri, terdapat beberapa perbedaan. Namun, terdapat periodisasi yang umum diketahui. Berikut periodisasi sejarah peradaban Islam tersebut.

Zaman Klasik

Zaman klasik ini berlangsung sejak tahun 600 hingga 1258 Masehi. Zaman ini juga terbagi kembali menjadi tiga masa, yaitu:

  1. Masa pembentukan komunitas Islam di jazirah Arab. Masa ini dimulai sejak pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi Allah.
  2. Masa penaklukan kawasan Timur Tengah oleh kaum Muslimin.
  3. Nilai-nilai Islam mampu mengubah dan menjadi landasan pokok bagi mayoritas masyarakat di Timur Tengah.
Baca juga  peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi

Zaman klasik ini memiliki ciri utama, yakni terjadinya perpaduan peradaban Islam dan Timur Tengah, serta tebentuknya pola ekonomi dengan sistem monoteisme. Pada masa ini terjadi dua fase utama dalam perkembangan awal Islam di Timur Tengah, yaitu fase ekspansi dan disintegrasi.

  • Zaman Pertengahan

Zaman pertengahan dimulai sejak abad ke 13 hingga 19 Masehi. Zaman ini memiliki ciri khas, yakni terjadinya penyebaran Islam secara global. Di samping itu, Islam menjadi agama mayoritas di kawasan Balkan dan Asia Tengah. Pada zaman ini pula terjadi interaksi berbagai nilai dalam agama Islam dengan nilai-nilai lokal masyarakat sehingga muncul berbagai budaya bernuansa Islami di berbagai daerah. Zaman ini juga dibagi menjadi dua fase utama, yakni fase kemunduran dan fase tiga kerajaan Islam (Kerajaan Turki Usmani, Kerajaan Safawi, dan Kerajaan Mughal).

  • Zaman Modern

Zaman modern ini berlangsung sejak abad ke 18 Masehi hingga saat ini. Ciri utama dari zaman ini adalah terjadinya transformasi dan modernisasi dalam kehidupan masyarakat. Pada zaman ini terjadi berbagai peristiwa yang mendorong Islam mengalami kemunduran, salah satu dipengaruhi oleh bangkitnya peradaban Barat di Eropa. Meski demikian, di zaman ini pula terjadi kebangkitan kembali peradaban Islam yang menyebabkan semakin bertambahnya jumlah penganut Islam di dunia.