istilah lain dari daerah pergantian tongkat estafet adalah

istilah lain dari daerah pergantian tongkat estafet adalah

jawaban

Wissel zone

Wissel zone  adalah Lari bersambung atau biasa disebut lari estafet adalah lari beregu yang terdiri dari 4 orang pelari. Lari ini dilakukan bersambung dan bergantian membawa tongkat dari garis start sampai ke garis finish. Sebagian besar keberhasilan regu estafet ditentukan oleh kelancaran pada saat melaksanakan pergantian tongkat estafetnya.

daerah khusus pergantian tongkat antara pelari sebelumnya dengan pelari selanjutnya dalam lari estafet

Wissel zone adalah daerah untuk pergantian tongkat dalam olahraga lari estafet. Panjang wissel zone (daerah pergantian) tongkat estafet adalah 20 meter.

Penjelasan :
Lari bersambung atau biasa disebut lari estafet adalah lari berkelompok yang terdiri dari 4 orang. Lari ini dilakukan secara bersambung dan bergantian dengan membawa tongkat dari orang pertama (start) sampai orang keempat dan berakhir di finish. Lari estafet untuk putri biasanya berjarak 4 x 100 meter dan untuk putra adalah 4 x 400 meter.

Baca juga  pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah

Pelari pertama membawa tongkat dan memulai start dengan berjongkok. Untuk pelari selanjutnya, digunakan start melayang. Tongkat estafet dipegang setengah bagian dan bagian yang lain nantinya akan dipegang penerima tongkat. Selama berlari, tongkat yang dibawa tidak boleh menyentuh tanah sebab akan didiskualifikasi.

Saat sampai di wissel zone ( daerah pergantian tongkat), posisi tangan pemberi dan penerima tongkat harus diperhatikan. Jika pergantian tongkat dilakukan diluar wissel zone akan menyebabkan diskualifikasi. Panjang wissel zone yang diperbolehkan hanya 20 meter.