iklan yang sesuai dengan syarat bahasa iklan adalah

Iklan yang sesuai dengan syarat bahasa iklan adalah….
A. Jagalah Kelestarian hutan lindung kota ini
B. Hutan lindung lestari, lingkungan bersih
C. Awas bencana bila hutan lindung musnah
D. Hutan lindung berhasil mencegah bencana

Jawaban

Iklan adalah media yang digunakan untuk memperkenalkan atau mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat.

Ciri-ciri iklan adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan bahasa persuasif/menarik.
2. Kata-kata singkat, jelas, dan padat.
3. Memberikan informasi.
4. Memperkenalkan barang atau jasa.
5. Mengandung ajakan/himbauan.

Kaidah kebahasaan pada iklan adalah sebagai berikut.
1) Kalimat persuasif: sesuatu yang sifatnya mengajak. Artinya, kata-kata dalam teks iklan itu bertujuan supaya para konsumen yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam kalimat persuasif umumnya ada makna perintah, tetapi disampaikan secara tersirat atau tidak langsung. Sifat dari kalimat persuasif adalah tidak memaksa. Akhir dari kalimat persuasif menggunakan tanda seru. Kalimat persuasif biasanya menggunakan kata-kata persuasif, seperti ayo, marilah, dan yang lainnya.
2) Kalimat imperatif: kalimat yang berisi perintah terhadap sesuatu dan bersifat mengharuskan. Kalimat ini ditandai dengan penggunaan partikel “-lah” dan diakhiri dengan penggunaan tanda seru (!) pada akhir kalimatnya. Contoh kata yang terdapat dalam kalimat imperatif yaitu kata ikutilah, hadirilah, dan janganlah.
3) Berima: kata-kata yang terdapat dalam sebuah iklan memiliki rima atau pengulangan nada yang sama agar iklannya menarik dan berkesan bagi konsumen.
4) Berkesan positif: sebuah barang/produk yang ditawarkan akan memiliki saingan atau lawan. Untuk itu, dalam sebuah iklan jangan sampai menjelek-jelekkan atau bahkan sampai menghina produk/jasa lain.
5) Ringkas: tidak panjang lebar alias langsung menyampaikan maksud dan tujuannya. Iklan yang ringkas juga berfungsi memudahkan konsumen mengingat dan membuat kesan tersendiri.
6) Fakta: iklan yang baik itu harus mengandung fakta. Biasanya sebuah fakta berupa pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya dan bukan berupa pendapat seseorang.

Baca juga  Membuat karangan nonfiksi harus bersumber pada?

Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa iklan yang sesuai dengan syarat bahasa iklan adalah “Jagalah Kelestarian hutan lindung kota ini.”
Kalimat iklan tersebut termasuk pada kalimat persuasif yang memikat dan memiliki tujuan untuk meyakinkan/mengajak pembaca agar ikut serta menjaga kelestarian hutan lindung. Bahasa iklan tersebut juga singkat, jelas, padat, dan berkesan positif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.