gunung danau dan sungai adalah contoh kenampakan

gunung danau dan sungai adalah contoh kenampakan

jawaban

alam ( karena danau dan sungai tidak di buat oleh manusia namun ia terbentuk oleh sendirinya)

Kenampakan alam adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam, dan bukan merupakan akibat aktivitas manusia.

 

Kenampakan alam di darat dapat berupa: dtaran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung berapi, lembah, sungai atau bukit.

 

Sementara di perairan, kenampakan alam dapat berupa: danau, sungai, rawa, palung, terumbu karang atau atoll.

 

Pembahasan:

 

Fenomena alam dan fitur muka bumi yang kita lihat banyak yang berupa kenampakan alam. Kenampakan ini terbentuk dari fenomena alam, baik aktivitas bumi, air maupun udara.

 

Contoh kenampakan alam yang terbentuk akibat aktivitas bumi adalah pegunungan, yang terbentuk dari tumbukan lempeng tektonik. Sementara kenampakan alam yang terbentuk dari aktivitas air adalah terbentuknya pasir pantai akibat erosi gelombang laut.

 

Kenampakan alam mempengaruhi aktivitas manusia. Misalnya wilayah dataran tinggi dan dataran rendah memiliki corak tanaman yang berbeda. Dataran rendah ditanami padi, jagung, dan palawija. Sementara dataran tinggi digunakan untuk perkebunan teh, kopi dan cokelat.

Baca juga  Untuk menekan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Pemerintahan Orde baru membuat kebijakan yakni?

 

Kenampakan alam berbeda dengan kenampakan buatan, yang dibentuk dari aktivitas manusia yang merubah alam.

 

Misalnya, danau adalah kenampakan alam karena terbentuk dari fenomena alam, sementara, waduk adalah kenampakan buatan karena merupakan hasil kegiatan manusia yang membendung aliran air sungai dengan bendungan.

 

Semikian pula, sungai adalah kenampakan alam, yang terbentuk secara alami, sementara, saluran irigasi adalah kenampakan buatan yang dibuat oleh manusia untuk mengaliri lahan pertanian.