gradasi warna yang baik akan menimbulkan

gradasi warna yang baik akan menimbulkan

à susunan gambar yang rapi
b. gambar yang sesuai tebal-tipisnya
c. kesan gambar yang transparan
d. Susuran atau paduan warna yang indah​

jawaban

d.Susuran atau paduan warna yang indah

Gradasi warna adalah pencampuran bertahap dari satu warna ke warna yang lainnya dalam satu bidang koordinat ruang.

Pembahasan

Penjelasan dari Fungsi gradasi warna yaitu untuk menggabungkan beberapa dari pilihan warna yang telah dipilih kemudian digabungkan sehingga menjadi kesatuan warna yang terpadu. Melakukan gradasi warna juga akan memudahkan mata untuk bisa menangkap warna yang ditampilkan dan memudahkan kita untuk lebih bisa memilih transisi warna yang paling cocok.

Teknik Gradasi Warna

a. Teknik Gradasi dari Warna Gelap ke Warna Terang

Cara membuat teknik gradasi warna gelap ke arah warna lebih terang bisa dengan menggunakan media mewarna apapun itu, sebagai contohnya dengan menggunakan krayon. Adapun langkah-langkah dalam melakukan teknik ini adalah dengan memoleskan terlebih dahulu krayon yang berwarna gelap pada bidang objek yang ingin diwarnai. Langkah berikutnya adalah dengan memoleskan krayon tersebut menggunakan warna yang lebih terang menimpa warna yang lebih gelap.

Agar bisa menghaluskan bagian persambungan dari warna yang akan digradasi tersebut, sebaiknya gunakan krayon dengan warna yang lebih terang. Langkah berikutnya balurkan dengan perlahan supaya gradasi warna tersebut bisa membaur dengan sempurna dan akan terlihat lebih alami warna hasilnya.

Baca juga  karya seni rupa murni berfungsi mementingkan segi estetis atau

b. Teknik Gradasi dari Warna Terang ke Warna Gelap

Teknik ini adalah kebalikan dari teknik gradasi yang pertama tadi. Poleskan terlebih dahulu warna yang warnanya lebih terang kemudian pada objek gambar yang ingin diwarnai, kemudian di atasnya sapukan alat warna yang berupa krayon dengan warna yang lebih gelap. Teknik gradasi warna terang ke warna yang gelap seringkali dipakai untuk dapat menciptakan efek embos pada gambar yang diwarnai.

Jenis-Jenis gradasi dapat dibagi menjadi:

  • Uniform graded

Gradasi seragam merupakan gradasi kumulatif dengan ukuran butiran yang hampir sama. Teknik gradasi seragam/united graded ini juga bisa disebut sebagai kelulusan terbuka karena hanya mengandung sejumlah kecil dari teknik gradasi halus, sehingga ada banyak ruang yang kosong di antara warna tersebut.

Campuran aspal dengan teknik gradasi seperti ini menjadi sangat stabil, agak kedap air dan memiliki komposisi berat yang besar.

  • Dense Graded

Gradasi Rapat yaitu suatu teknik agregat yang mengandung butiran dari agregat besar hingga berubah menjadi agregat yang kecil, sehingga sering juga disebut sebagai peringkat kontinyu atau disebut sebagai peringkat dangkal.

Campuran aspal dengan teknik gradasi seperti ini menjadi sangat stabil, agak kedap air dan memiliki komposisi berat yang besar.

  • Gap Graded
Baca juga  Berkarya kerajinan dari limbah keras.1) menentukan bahan dan alat2) membuat karya kerajinan 3) perencanaan 4) evaluasi Langkah berkarya dari limbah keras yang benar adalah?

Gradasi senjang yaitu suatu teknik gradasi agregat yang dimana ukuran dari agregat tersebut tidak lengkap/sempurna, atau tidak ada fraksi fraksional/sangat sedikit.

Campuran aspal dengan teknik gradasi ini mempunyai kualitas dari transisi yang menggunakan keadaan campuran dengan teknik gradasi yang sudah dijelaskan tadi.