gabungan dari beberapa gerak dasar disebut

gabungan dari beberapa gerak dasar disebut

jawaban

Lalu, bagaimana dengan gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif pada olahraga sepak bola? Gerak-gerak dasar tersebut juga bisa digabungkan saat melakukan teknik tertentu dalam olahraga, lo. Gabungan gerakan itu juga disebut kombinasi gerakan.

Pengertian dari gerak kombinasi adalah gerakan yang memadukan beberapa gerakan dasar sekaligus sehingga menghasilkan suatu pola gerakan yang rumit.

Contoh dari gerak kombinasi adalah:

  • Gerakan berlari lalu menendang bola yang merupakan kombinasi dari gerakan lokomotor dan manipulatif.
  • Gerakan merentangkan tangan ke samping lalu menangkan bola yang merupakan kombinasi dari gerakan non-lokomotor dan manipulatif.
  • Gerakan mengayunkan siku lalu memukul bola yang merupakan kombinasi dari gerakan non-lokomotor dan manipulatif.

 

Pembahasan

Gerak dasar adalah jenis gerakan yang dilakukan oleh manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, seorang manusia akan terus melakukan gerakan dasar di sepanjang hidupnya. Gerak dasar yang dilakukan seorang manusia secara rutin juga bisa menghasilkan adanya keterampilan gerak dasar. Keterampilan gerak dasar adalah ketika seorang manusia sudah bisa melakukan gerak dasar secara efektif dan juga efisien. Dengan adanya keterampilan gerak dasar, seseorang bisa mengkombinasikan beberapa gerak dasar sekaligus untuk melakukan suatu aktivitas.

Baca juga  Irama lompat jangkit yang benar adalah?

Berikut adalah jenis dari gerak dasar:

  • Lokomotor: jenis gerak dasar yang dilakukan dengan menggerakkan seluruh anggota badan secara berulang-ulang sehingga menyebabkan adanya perpindahan tempat atau perpindahan posisi.
  • Non-lokomotor: jenis gerak dasar yang dilakukan di tempat dengan hanya menggerakkan sebagian dari anggota tubuhnya saja. Gerakan non-lokomotor ini tidak menyebabkan adanya perpindahan posisi atau tempat.
  • Manipulatif: jenis gerak dasar yang dilakukan dengan menggunakan suatu objek lain selain anggota tubuhnya.

 

Keterampilan gerak dasar ini sangat dibutuhkan apabila seseorang ingin menjadi mahir dalam suatu cabang olahraga. Suatu cabang olahraga biasanya melibatkan kombinasi dari beberapa gerakan dasar sekaligus.

Berikut adalah beberapa contoh dari kombinasi gerak dasar dalam cabang olahraga:

  • Permainan sepak bola: berlari sambil menggiring bola, berlari lalu menendang bola, melompat lalu menangkap bola, dan melompat lalu menyundul bola.
  • Permainan bola basket: berlari sambil mendrible bola, melayangkan kedua lengan ke atas lalu menangkap bola, dan melompat lalu menembak bola.
  • Permainan bulu tangkis: berlari lalu memukul bola, membungkuk lalu memukul bola, dan mengayunkan lengan lalu memukul bola.