daerah aliran sungai perlu dibuat penghijauan karena

daerah aliran sungai perlu dibuat penghijauan karena\

jawaban

Penghijauan sangat perlu dilakukan terutama di daerah aliran sungai karena:

  • Untuk menjaga ketersediaan cadangan air tanah yang ada pada daerah sungai.
  • Meningkatkan kemampuan penyerapan air pada daerah aliran sungai.
  • Mencegah terjadinya pendangkalan sungai.
  • Mencegah terjadinya pencemaran pada air sungai.

 

Pembahasan

Penghijauan kembali atau reboisasi adalah kegiatan menanam kembali hutan yang sudah gundul. Kegiatan ini juga bisa dilakukan pada ruang lingkup yang lebih kecil, seperti pada pekarangan rumah. Pada dasarnya, kegiatan penghijauan adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, terutama dengan sudah rusaknya bumi kita dengan eksploitasi berlebihan yang dilakukan oleh manusia dengan segala keegoisan dan ketamakannya. Kegiatan penghijauan ini harus kita lakukan dengan sesegera mungkin untuk bisa mengembalikan kelestarian lingkungan kita.

Berikut adalah beberapa manfaat dari kegiatan penghijauan:

  • Mencegah bencana alam: dengan adanya pepohonan, akar-akar yang ada pada pohon akan membuat struktur tanah menjadi lebih kokoh dan mencegah terjadinya tanah longsor. Selain itu, pepohonan juga akan membantu penyerapan air ketika hujan datang sehingga bisa mencegah terjadinya banjir.
  • Menjaga ketersediaan air: dengan adanya kemampuan pepohonan untuk menyerap air ke dalam tanah, kita bisa menjaga ketersediaan air bersih ketika ada musim kemarau yang berkepanjangan.
  • Menjaga ketersediaan oksigen: pepohonan adalah makhluk hidup yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup lain karena akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Selain menjaga ketersediaan oksigen, keberadaan pepohonan ini juga bisa mencegah terjadinya pemanasan global.

Tinggalkan komentar