coba kalian rumuskan sendiri definisi hak dan kewajiban asasi manusia

coba kalian rumuskan sendiri definisi hak dan kewajiban asasi manusia

jawaban

Menurut rumusan saya sendiri, definisi HAK ASASI MANUSIA atau HAM adalah hak yang melekat secara utuh pada tiap manusia sehubungan dengan kodratnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME di mana hak tersebut tak bisa dikurangi apalagi dicabut oleh siapapun. Adapun definisi KEWAJIBAN ASASI MANUSIA atau KAM menurut rumusan saya sendiri adalah kewajiban yang harus dilaksanakan sebab merupakan konsekuensi dari hak asasi yang ada pada setiap manusia.

» Pembahasan

Dalam kehidupan sehari-hari kita akrab dengan HAM atau Hak Asasi Manusia dan cenderung abai atau jarang mendengar istilah KAM atau Kewajiban Asasi Manusia. Padahal kedua hal tersebut, yakni HAM dan KAM, bagaikan satu koin dengan sisi yang berbeda namun tak bisa dipisahkan. Pada setiap HAM selalu disertai dengan KAM.

Dalam hal ini artinya adalah bahwa pemenuhan hak asasi manusia haruslah seimbang dengan pemenukan kewajiban asasi manusia atau KAM. Misalnya seseorang berhak mengutarakan pendapatnya di muka umum maka sebagai konsekuensi hak tersebut maka ia pun wajib menghormati hak berpendapat orang lain, mengutarakan pendapat sesuai aturan yang berlaku dan lain sebagainya.

Baca juga  jelaskan pengertian komposisi penduduk

Pemenuhan HAM yang tidak disertai dengan dijalankannya KAM akan menimbulkan kondisi pelanggaran hak-hak milik orang lain.