bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi disebut

bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi disebut

jawaban

bunyi ultrasonik yg frekuensinya lebih dari 20.000 Hz

berdasarkan frekuensinya, bunyi dibagi menjadi 3 jenis yaitu: 1. bunyi infrasonik, yaitu bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. 2. bunyi audiosonik, yaitu bunyi yang frekuensinya 20-20.000 Hz.3. bunyi ultrasonik, yaitu bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz… Jadi, bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz disebut bunyi ultrasonik…

Ultrasonik adalah jenis bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20.000 Hz. Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang sangat keras namun berada diatas rentang pendengaran manusia. Sehingga bunyi ultrasonik tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Bunyi yang memiliki frekuensi teratur disebut dengan nada

Pembahasan

Bunyi adalah suatu gelombang mekanik yang dalam perambatannya mengarah sejajar dengan arah getarannya. Bunyi disebut juga dengan gelombang longitudinal, biasanya bunyi terjadi karena adanya getaran dari suatu benda. Sedangkan frekuensi merupakan banyaknya gelombang/getaran listrik yang dihasilkan per detiknya. Frekuensi sendiri ada yang teratur dan ada juga yang tidak teratur. Bunyi yang memiliki frekuensi teratur disebut dengan nada, sedangkan bunyi yang memiliki frekuensi tidak teratur disebut dengan desah. Bunyi yang frekunesinya sama namun terdengar berbeda disebut dengan warna bunyi. Jika bunyi yang amplitudonya besar atau bahkan sangat besar dan terdengar secara mendadak hal ini disebut dengan Dentum.

Baca juga  banyak yang menjadi petani sayuran dan bunga di daerah

Adapun manfaat bunyi bagi kehidupan seharo – hari yaitu :

  • Manfaat bunyi dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut.
  • Digunakan untuk meengukur cepat rambat bunyi di udara maupun di dalam air.
  • Manfaat lain yaitu dapat mendeteksi kumpulan ikan di suatu perairan.
  • Digunakan untuk mencari kandungan mineral dan minyak yang terkandung dalam bumi.