berjalan pada balok titian merupakan pola gerak dasar

berjalan pada balok titian merupakan pola gerak dasar

Jawaban:

merupakan salah satu contoh gerak lokomotor

Penjelasan:

Karena lokomotor adalah suatu gerakan berpindah tempat

Gerak lokomotor adalah gerakan yang di tandai adanya gerakan perpindahan tempat. Gerak berpindah tempat yang dimaksud yakni berlari, melompat, berjalan, dan mengguling.

Pembahasan

Gerakan dasar adalah suatu pola gerakan yang mendasari suatu gerakan yang sederhana hingga gerakan yang kompleks. Pada dasarnya gerak asar yang dimiliki manusia adalah berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Menurut Harrow (1972) gerak dasar adalah kemampuan pla gerak yang inheren yang mebentuk dasar-dasar utnuk keterampilan gerak yang kompleks yang meliputi, gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif.

1. Gerak lokomotor.

Gerak atau keterampilan lokomotor adalah gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Gerak ini merupakan hal yang penting bagi transportasi manusia. Gerakan lokomotor meliputi berjalan, berlari, melompat, dan berguling.

2. Gerak non lokomotor.

Gerak atau keterampilan non lokomotor adalah gerak yang dilakukan dengan meminimalisasi gerakan perpindahan dari tempat, seperti membungkukkan badan, mengayunkan tangan, dan menganggukkan kepala.

Baca juga  bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

3. Gerak manipulatif.

Gerak atau keterampilan manipulatif memiliki dua klasifikasi yakni receptive dan propulsive. Receptive adalah menerima suatu objek. Sedangkan propulsive adalah gerakan penerapa gaya seperti melempar, memukul, dan lain-lain.