batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari

batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari

Jawaban:

Pertambangan.

karena batubara adalah sumber energi yang TDK dapat diperbaharui berasal dari pertambangan dan minyak bumi pun juga sama.

Pertambangan adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang.

Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian ( mineral, batu bara, panas bumi, migas )

Hasil tambang merupakan hasil olahan manusia yang diperoleh dari Sumber Daya Alam berupa barang-barang galian yang di peroleh dari permukaan hingga dalam bumi. Negara Indonesia kaya akan hasil tambang nya. Beberapa hasil tambang Indonesia yakni :

1. Batu Bara, merupakan bahan baku pembuatan plastik, untuk bahan bakar usaha rumahan kecil, pengganti kayu, dan bahan bakar jangka panjang PLTU.

2. Minyak Bumi, minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar kendaraa, untuk keperluan rumah tangga,pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain sebgainya.

3. Emas dan Perak, biasanya digunakan sebagai benda perhiasan.

4. Timah, dapat digunakan sebagai pembungkus kaleng makanan, pelipis besi supaya tidak mudah berkarat, serta lembaran imah dapat digunakan sebagai pembungkus permen, coklat, hingga rokok.

Baca juga  Nu ngumbara suka betah di tatar sunda, lantaran?

5. Tembaga, digunakan dalam pembuatan alas- alat listrik seperti kabel, untuk peralatan industri konstruksid, pembuatan kapal- kapal laut hingga untuk membuat pipa air.

6. Gas Alam, digunakan dalam berbagai macam industri.

7. Bauksit, digunakan sebagai bahan utama pembuatan alumunium dan bahan dasar industri kimia.

8. Alumunium, digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak. Selain itu alumunium juga seringkali diolah menjadi mebel dan juga perkakas lain.

9. Belerang, digunakan sebagai bahan pengecoran jalan.

10. Intan, digunakan sebagai benda perhiasan.

Adapun barang tambang lainnya seperti platina, fosfat, gipsum, batu pualam, pasir, nikel, besi, dll.