bagaimana sikap seorang pelajar dalam menghargai peninggalan sejarah

bagaimana sikap seorang pelajar dalam menghargai peninggalan sejarah

jawab

dengan mengenang, mempelajari sejarah yang di tinggalkan atau dengan menghormati menghargai dgn sejarah

bagaimana sikap seorang pelajar dalam menghargai peninggalan sejarah

atau

Jawaban pendek:

Cara menghargai peninggalan sejarah adalah dengan melestarikanya, baik dengan museum atau cagar budaya. Selain itu kita harus mendidik generasi muda akan peninggalan tersebut.

Jawaban panjang

Kita harus melestarikan peninggalan sejarah untuk menghargai peninggalan ini.

Untuk melestarikan peninggalan prasejarah ini, pemerintah Indonesia membangun museum untuk menyimpan peninggalan sejarah. Misalnya adalah Museum Nasional di Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Di museum ini, peninggalan tersebut disimpan agar tidak rusak dan bisa diteliti oleh para sejarawan, serta dapat dilihat oleh pengunjung museum.

Selain museum cara lainya untuk melestarikan peninggalan sejarh adalah membentuk cagar budaya untuk melindungi peninggalan prasejarah dengan cara in situ atau di tempat asalnya.

Misalnya adalah Balai Pelestatrian Cagar Budaya Sulawesi Selatan yang melindungi peninggalan megalitikum di Tanah Toraja.

Selain melestarikan peninggalan sejarah, kita juga harus mendidik generasi muda akan peninggalan ini, karena tanpa pendidikan generasi muda tidak akan menyadari pentingnya peninggalan sejarah. Akibatnya mereka akan acuh tak acuh atau bahkan merusak peninggalan sejarah ini.

Baca juga  gambar relief umumnya terdapat pada bangunan

Namun bila generasi muda mengetahui pentingnya peninggalan sejarah, mereka akan bisa menghargai dengan ikut merawat dan melestarikannya.